GridFame.id - Kini tengah viral cerita seorang warganet yang mengaku jadi korban driver atau pengemudi online.
Disebutkan bahwa driver Grab tersebut menaikkan tarif tanpa sepengetahuan penumpang.
Cuitan warganet soal tindakan driver Grab yang diduga berlaku curang viral di media sosial.
Kecurangan itu dilakukan driver Grab dengan cara menaikkan tarif penumpang pengguna dompet elektronik yang bekerja sama dengan Grab, OVO.
Driver Grab menaikkan tarif dengan cara menambahkan biaya tol hingga parkir yang sering kali sudah dibayar oleh penumpang secara tunai atau menggunakan e-money pribadi ke dalam tanggungan biaya OVO.
"Pernah juga kaya begini, wkt naik grab sama sekali ga ada biaya parkir, trs pas udah sampe rmh kok tarif yg di tarik grab beda sama tarif awal pesen, pas cek abangnya masukin xxrb dibagian others, lgsg hub grab, dan masalah terselesaikan, alhamdulillah grab pelayanannya cepat," tulis warganet.
Yang mengejutkan, ternyata banyak yang mengaku pernah mengalami hal yang sama.
"Aku udah beberapa kali kena. Biaya tol sama parkir bandara. Total sekitar 15rb. Udah kuganti cash. Pas udh landing, cek OVO berkurang sekian ribu.
Aku hafal saldo ovo karena biasanya top up ga pernah banyak dan pas mau pake aja. Ternyata di mark up lagi sama drivernya 15rb," kata warganet lain.
"Ihh samaa pernah juga kaya gini drivernya nambahin biaya tanpa persetujuan gue, pdhl grabbike dan udh terlanjur kasih bintang 5. Trs bbrp kali order dapet driver nya dgn orang yg sama, gue cancel aja trs gedeg," tutur akun ini.
"Gw sangat jarang lewat tol makanya tidak tahu besaran tarif tol, pernah kejadian kena markup saat pakai jasa ride-hailing, ketika sudah selesai transaksi ternyata si driver menambahkan biaya sebesar 30rb, padahal tarif tol 17rb, total biaya jadi 47rb," ucap akun lain.
Baca Juga: Bukan Cuma Bayar Tagihan Bulanan Saja, Ini Dia Cara Daftar IndiHome Lewat LinkAja
Mendengar aduan tersebut, pihak Grab Indonesia angkat bicara.
Grab menyarankan agar pengguna layanan jasa transportasi online yang mendapat tindak kecurangan dari mitra driver agar segera melapor ke pihak Grab.
Nantinya, tanpa ragu, Grab akan mengembalikan kerugian sesuai dengan besaran nominal yang dicurangi driver Grab.
Uang tersebut akan di-transfer ke dalam akun OVO dalam bentuk OVO Cash.
Cara Lapor Driver Nakal di Aplikasi Grab
Pelanggan yang merasa dirugikan bisa dilakukan dengan menghubungi pihak Grab Indonesia.
Salah satunya dengan mengirimkan pesan melalui Twitter di @GrabID.
Atau, pelanggan juga bisa menghubungi Grab Indonesia melalui Pusat Bantuan agar laporan dapat segera ditindaklanjuti sesuai kebijakan yang berlaku.
Sementara itu, Director of Four-Wheels and Corporate Strategy, Grab Indonesia Astri Yunfia memastikan, pihaknya akan menindak tegas dan memberikan sanksi kepada mitra driver-nya yang terbukti bertindak curang.
Pasalnya, tindak kecurangan tersebut tidak sesuai dengan Kode Etik Grab Indonesia.
"Jika terdapat ketidaksesuaian biaya tambahan yang ditagihkan oleh mitra pengemudi kepada penumpang, maka mitra pengemudi yang terbukti melakukan pelanggaran seperti kecurangan akan ditindak tegas sesuai Kode Etik Grab," kata Astri, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (9/1/2023).
Sanksi yang diberikan bisa berupa penonaktifan sementara hingga masuk dalam daftar hitam (blacklist) dan tidak bisa bermitra kembali dengan Grab Indonesia.
Baca Juga: Begini Cara Melunasi Tagihan Listrik Token dan Non Prabayar Pakai GoPay