Find Us On Social Media :

Lahir di Era Serba Digital, Begini Karakteristik dan Kebiasaan Unik Para Gen Z

Ilustrasi generasi Z.

GridFame.ID – Apakah kamu lahir pada rentang tahun 1997 sampai 2012? Jika iya, berarti kamu adalah bagian dari generasi Z atau Gen Z.

Menariknya, generasi Z atau Gen Z dinilai sebagai kelompok usia yang paling “melek” teknologi. Pasalnya, generasi ini lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan internet.

Paparan internet juga membuat karakter Gen Z berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, baik dalam hal cara berpikir maupun kebiasaan.

Ketika ingin membeli baju atau gadget, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat akan mengikuti rekomendasi dari para influencer di media sosial.

Baca Juga: Mendadak GoPay Tidak Bisa Digunakan? Simak Penyebab dan Solusinya Yuk!

Pada kehidupan sehari-hari, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Sangat bergantung pada smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah mengandalkan smartphone dalam segala kegiatan, mulai dari mencari hiburan, memesan transportasi online, hingga berbelanja.

Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika Gen Z selalu membawa smartphone ke mana saja, termasuk kamar mandi.

  1. Sering ganti gadget

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Biasanya, gadget keluaran terbaru dilengkapi fitur yang lebih bagus dari model sebelumnya sehingga menjadi incaran banyak orang.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Menghasilkan Uang Pakai HP? Ini Dia 7 Aplikasi Penghasil Uang yang Bikin Rekening Gendut

Tak heran, banyak Gen Z hobi ganti gadget dalam waktu singkat. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasaan ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Sementara ketika ingin mengunjungi tempat hits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.

Baca Juga: Viral Kasus Tukang Becak Gasak 320 Juta, OJK Minta Nasabah Lakukan Ini Supaya Rekening Tak Mudah Dibobol!

  1. Hobi mengakses banyak media sosial

Apakah Moms punya media sosial? Di tengah pesatnya perkembangan media sosial seperti saat ini, rasanya mustahil hanya mengakses satu atau dua media sosial.

Tak heran, Gen Z pada umumnya hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.

Bahkan, riset perusahaan perbankan investasi global, Goldman Sachs, mencatat bahwa sebagian besar gen Z menghabiskan lebih dari 10 jam untuk online di akun media sosial mereka.

Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarik followers maupun viewers.

Baca Juga: Amankan Kontak Saja Tak Cukup! Ini 6 Cara Agar Pinjol Ilegal Tak Sebar Data

Agar bisa up to date terhadap berbagai info di media sosial, Gen Z pun ingin selalu terkoneksi dengan dunia digital. Apalagi jika hobi berpindah-pindah aplikasi, tentunya butuh kuota internet yang tak terbatas.

Untuk menunjang beragam aktivitas Gen Z selama berselancar di internet, AXIS meluncurkan paket internet baru, yaitu AXIS Warnet Unlimited.

Sesuai namanya, paket ini hadir dengan kuota unlimited dengan masa aktif selama 24 jam. Jadi, ketika kamu mengaktifkan paket ini pukul 10.00 WIB, maka paket ini akan habis di jam yang sama keesokan harinya.

Kabar baiknya, paket #NonstopAntiNgedrop ini bisa dinikmati oleh semua pelanggan AXIS dengan mengaktifkan paketnya di aplikasi AXISNET. Harganya pun tergolong ramah bagi kantong, yakni hanya Rp 3.999 untuk satu kali pembelian.

Untuk meramaikan peluncuran paket ini, AXIS juga berkolaborasi dengan Feel Koplo dalam pembuatan jingle-nya. Penasaran dengan lagu dan informasi lebih lengkap tentang paket ini? Yuk, kunjungi laman AXIS di https://www.axis.co.id/produk/paket-internet/paket-warnet.