GridFame.id - Siapa yang suka rajin cek status pesanan setelah check out barang di Tokopedia?
Sepertinya hal ini harus sering-sering dilakukan.
Selain memastikan barang terkirim, kita juga harus waspada kalau sampai barang statusnya dibatalkan.
Kenapa pesanan dibatalkan oleh sistem Tokopedia?
Ada beberapa penyebab yang jadi jawabannya.
Selain itu, perhatikan baik-baik detail pengiriman dan pembayaran sebelum check out agar tak ditolak sistem.
Penyebab Pesanan Dibatalkan Sistem Tokopedia
Meskipun sudah melakukan pembayaran, pesanan pengguna dapat dibatalkan apabila:
1. Penjual menolak pesanan
2. Melebihi batas waktu pembayaran setelah proses checkout.3. Penjual tidak merespon pesanan dalam waktu 1×24 jam terhitung sejak pembayaran diverifikasi.4. Penjual tidak memasukkan nomor resi dalam waktu 2×24 jam atau (H+2) terhitung sejak pembayaran diverifikasi.
Baca Juga: Kapan Barang Diterima Kalau Menggunakan Sistem Cicilan Tokopedia? Simak Penjelasannya Berikut Ini
5. Transaksi telah melanggar syarat dan ketentuan berlaku.6. Dana yang ditransfer berbeda dengan total belanja pada invoice, baik itu kelebihan atau malah kekurangan.Apabila transaksi dibatalkan, maka dana pembayaran akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan.
And tidak perlu khawatir apabila transaksi dibatalkan karena dana akan dikembalikan ke dalam Saldo Refund maksimal 2x24 jam hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional).
Apabila Anda melakukan pembayaran menggunakan gabungan antara Saldo dan GoPay, maka saat transaksi dibatalkan dana akan dikembalikan ke tujuan masing-masing yaitu ke Saldo Refund dan GoPay.
Untuk penarikan dana ke rekening pribadi hanya bisa dilakukan pada dana di Saldo Refund. Apabila pesanan dibatalkan karena stok habis, Anda bisa membeli produk incaran di toko lain yang ada di Tokopedia.