Find Us On Social Media :

GoPay Tidak Bisa Transfer? Sederet Kesalahan Ini Bisa Jadi Penyebabnya, Coba Cek Lagi!

GridFame.idGoPay adalah salah satu e-wallet yang merupakan pembayaran resmi aplikasi GoJek.

Dengan GoPay, kita bisa melakukan pembayaran Toko Online seperti Tokopedia, QRIS atau transfer ke sesama pengguna GoPay.

Namun ketika melakukan transfer saldo terkadang mengalami kegagalan padahal saldo GoPay cukup ketika transfer pengguna GoPay lain, pembayaran Merchant, atau saat transfer ke Virtual Account Bank.

Jangan panik dulu, karena ada beberapa penyebab GoPay tidak bisa transfer yang bisa diselidiki.

Diantaranya ada yang merupakan kesalahan kita, atau bisa juga karena jaringan.

Untuk itu, langsung simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Penyebab GoPay Tidak Bisa Transfer Saldo

Berikut ini beberapa penyebab GoPay gagal transfer saldo baik ke akun GoPay lain, VA atau Bank :

1. Belum Upgrade GoPay Plus

Untuk dapat melakukan transfer ke sesama pengguna GoPay atau melakukan transfer ke Virtual Account Bank, akun harus terverifikasi menjadi GoPay Plus.

Belum upgrade jenis keanggotaan akun GoPay dari GoPay basic menjadi GoPay Plus adalah alasan kenapa GoPay tidak bisa transfer ke Bank.

Fitur transfer di aplikasi GoJek khususnya fitur pembayaran GoPay hanya tersedia untuk akun yang sudah melakukan verifikasi kepemlikan dengan sistema KYC (Known Your Customer).

2. Nomor VA Transfer Tidak Valid

Untuk mengirim saldo GoPay ke Dana, OVO maupun ShopeePay harus menggunakan kode virtual account (VA) yang terdiri atas kode Bank diikuti nomor telepon akun.

Baca Juga: Saldo GoPay Tidak Akan Hangus Tapi Bisa Hilang Gegara Hal Ini, Langsung Lakukan Ini Agar Aman Kembali!

Kesalahan dalam memasukkan Nomor Virtual Account Dana (Kode Bank + Nomor HP Dana) saat akan mengirim saldo GoPay dapat menyebab akun GoPay tidak bisa transfer Dana.

3. Koneksi Internet Terputus

Koneksi Internet terputus tiba – tiba terjadi karena buruknya kualitas sinyal dan bandwith jaringan.

GoPay Plus tidak bisa transfer walaupun sudah berhasil diverifikasi kemungkinan besar disebabkan karena koneksi internet yang terputus akibat:

4. GoPay Sedang Gangguan

Biasanya aplikasi GoPay mengalami gangguan akibat mintenance (perbaikan server) atau updating (upgrade server / aplikasi).

Nah ketika aplikasi GoPay mengalami trouble maka sebagian atau keseluruhan fitur aplikasi akan sulit diakses sementara sampai proses maintenance atau updating server selesai.

5. Nomor Rekening Salah

Untuk transfer saldo GoPay ke Bank tentunya kamu harus melakukan verifikasi akun Bank.

Verifikasi Bank penerima ini terdiri atas nama, jenis rekening dan nomor rekening.

Kesalahan dalam memasukkan ketiga informasi diatas dapat menyebabkan transfer GoPay gagal ke Bank dengan notifikasi “metode pembayaran GoPay tidak tersedia”.

6. Penerima Transfer Gagal Menerima Saldo

Selain karena kesalahan pada pengirim saldo GoPay, kamu juga harus memastikan bahwa saldo dapat masuk ke akun penerima.

Beberapa penyebab penerima gagal menerima saldo GoPay antara lain:

Baca Juga: Kalau Lupa PIN GoPay Atasi Pakai Cara Ini, Dijamin Langsung Bisa Lagi

7. Akun GoPay Limit

Perlu kamu ketahui bahwa akun GoPay Plus hanya memiliki limit saldo maksimal sebesar 20 juta rupiah setiap bulannya.

Limit ini merupakan akumulasi semua transaksi di akun GoPay.

Setelah limit tercapai maka aktivitas transaksi di akun GoPay akan dibatasi sampai limit di reset di bulan berikutnya.

Nah, akun GoPay yang sudah limit ini dapat menyebabkan semua transaksi transfer menjadi berstatus “pending” dan menjadi alasan kenapa GoPay tidak bisa transfer ke OVO dan ShopeePay.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Bayar Shopee Pakai GoPay Terbaru 2023 Tanpa Ribet