Find Us On Social Media :

Kabar Baik! Google Bakal Larang Pinjol Akses Kontak Hingga Lokasi Mulai 31 Mei, Ini Dia Daftar Aplikasi yang Kena Getahnya!

GridFame.id - Pengguna pinjol wajib tahu informasi yang satu ini!

Seperti yang diketahui, saat mau men-download pinjol, kita akan memberikan izin untuk memberikan akses ke beberapa aplikasi lain di HP kita.

Biasanya, pinjol akan meminta akses ke kontak, galeri foto, lokasi, hingga daftar panggilan.

Hal inilah yang membuat pinjol jadi bisa mengakses kontak di luar kontak darurat yang sudah didaftarkan jika kita menunggak tagihan.

Tentu saja hal itu cukup mengganggu tak hanya bagi kita, tapi juga orang-orang yang turut dihubungi karena kita memiliki utang.

Namun pada 31 Mei mendatang, Google akan mulai membatasi aplikasi pinjaman online atau pinjol untuk mengakses beberapa hal.

“Aplikasi yang memberikan pinjaman pribadi, atau memiliki tujuan utama memfasilitasi akses ke pinjaman pribadi, dilarang mengakses data sensitif seperti foto dan kontak,” terang Google dalam update terbaru mereka, Jumat (7/4/2023).

Langkah ini dilakukan oleh Google karena mereka menilai para debt collector dan pemberi pinjol sudah mirip predator.

Soalnya, mereka memanfaatkan data kontak dan data pribadi pengguna untuk memberikan ancaman jika ada tunggakan.

Nantinya aplikasi pinjaman online atau pinjol dilarang mengakses penyimpanan eksternal, gambar, video, kontak, lokasi, dan nomor telepon.

Google menegaskan, jika aplikasi mempromosikan produk dan layanan keuangan, maka harus mematuhi peraturan negara bagian dan lokal untuk wilayah atau negara mana pun yang menjadi target aplikasi.

Baca Juga: Waduh! Warganet Ini Terjebak 40 Pinjol Sekaligus, Semua Bermula Gegara Lakukan Kesalahan Ini