Find Us On Social Media :

Tak Beda Jauh dari Pinjol! Terkuak Sisi Gelap Paylater yang Merugikan Pengguna

Paylater

GridFame.id - Sistem paylater adalah sebuah sistem pembayaran yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pembelian barang atau layanan dengan cara menunda pembayaran hingga jangka waktu tertentu setelah pembelian dilakukan.

Dalam sistem paylater, pembeli tidak perlu membayar sejumlah uang yang sama dengan harga barang atau layanan pada saat pembelian.

Melainkan dapat melakukan pembayaran secara bertahap atau dalam cicilan dalam waktu tertentu.

Sistem paylater biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan finansial seperti bank atau fintech.

Pada umumnya, untuk menggunakan sistem paylater, seseorang harus mendaftar dan mengajukan permohonan ke penyedia layanan finansial yang memilikinya.

Setelah permohonan disetujui, seseorang dapat menggunakan sistem paylater untuk melakukan pembelian di berbagai toko atau merchant yang bekerja sama dengan penyedia layanan finansial tersebut.

Namun, penting untuk diingat bahwa menggunakan sistem paylater juga berarti menanggung beban utang yang harus dibayar di masa depan.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan sistem paylater, pastikan untuk mempertimbangkan kemampuan keuangan Anda untuk membayar utang tersebut.

Untuk menghindari risiko tersebut, ada baiknya mengenali sisi negatif paylater.

Termasuk kerugian jika terlalu sering menggunakan sistem pembayaran paylater.

Begini informasi lengkapnya di sini.

Baca Juga: Jangan Sampai Nyesel Ambil Keputusan! Ini Deretan Risiko Menonaktifkan Akun Indodana Paylater yang Harus Ditanggung