Find Us On Social Media :

Pinjol Sembarangan Telepon Kontak Darurat? AFPI Berikan Langkah Bikin Laporan yang Akan Langsung Diproses

Cara melaporkan pinjol kalau sampai menghubungi kontak darurat

GridFame.id - Bagi yang sedang pinjam dana di

  • memastikan tersedianya proses autentikasi, verifikasi, dan validasi yang mendukung kenirsangkalan dalam mengakses, memproses, dan mengeksekusi data pribadi, data transaksi dan data keuangan yang dikelolanya.
  • menjamin bahwa perolehan, penggunaan, pemanfaatan, dan pengungkapan data pribadi, data transaksi, dan data keuangan yang diperoleh oleh penyelenggara berdasarkan persetujuan pemilik data pribadi, data transaksi, dan data keuangan, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Dapat dilihat bahwa ketentuan tersebut menggunakan subjek ‘pemilik data pribadi’, bukan terbatas pada peminjam saja.

    Berdasarkan hal tersebut, seharusnya pihak penyelenggara pinjaman online terlebih dahulu harus meminta persetujuan dari pihak kontak darurat.

    Karena jika nasabah dari pihak penyelenggara pinjol tersebut terlambat untuk melakukan pembayaran, maka pihak penyelenggara pinjol akan menghubungi kontak darurat selaku orang terdekat atau mengenal nasabahnya tersebut.

    Bisa jadi, pihak yang dijadikan kontak darurat menjadi terganggu akan hal tersebut.

    Pada umumnya aplikasi yang Anda unduh untuk proses pinjaman dana, digunakan juga untuk penagihan.

    Baca Juga: Jangan Gegabah! Ini 5 Bukti yang Harus Dibawa Korban Kontak Darurat Untuk Melaporkan Debt Collector Pinjol ke Pihak Berwajib

    Tentunya saat Anda mengunduh aplikasi, akan ada permintaan untuk mengakses data Anda.

    Apakah fintech pendanaan akan melakukan penagihan ke kontak telepon jika peminjam dana menunggak?

    Jawabannya, iya, tapi, penagihan melalui kontak telepon ke pihak keluarga HANYA yang tercantum sebagai nomor darurat saja yang diberikan peminjam dana saat mengajukan aplikasi permohonan kredit.

    Ini hal yang lumrah terjadi di institusi perbankan maupun lembaga keuangan lainnya.

    Penagihan melalui kontak telepon nomor darurat pun dilakukan apabila:

    Jika sampai pinjol menghubungi kontak darurat padahal debitur masih bisa dihubungi dan ada itikad baik untuk melunasi utang, maka bisa langsung melapor ke Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI).

    Berikut adalah langkah melaporkan pinjol ke AFPI:

    Bisa juga Anda melakukan laporan pengaduan via e-mail dengan cara, kirimkan bukti-bukti pengaduan ke pengaduan@afpi.or.id.

    Atau bisa juga via telepon di nomor : 150 505 (bebas pulsa). Jam operasional : Senin-Jumat pukul 08.00 – 17.00 wib.

    Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Sosok Ini Bagikan Pengalaman Diskusi Utang Bareng Debt Collector Pinjol dan Besoknya Tak Datang Lagi