Find Us On Social Media :

Waduh! Bukan Cuma Harus Bayar Denda, Ini Risiko Fatal Membiarkan Kartu Kredit Expired

Risiko membiarkan kartu kredit expired

GridFame.id -  Kartu kredit memiliki tanggal kedaluwarsa atau expired date untuk alasan keamanan, ada beberapa penyebab umum mengapa kartu kredit dapat kadaluwarsa.

Setiap kartu kredit memiliki tanggal kedaluwarsa yang tercetak pada kartu fisik.

Setelah melewati tanggal tersebut, kartu dianggap kadaluwarsa karena perusahaan penerbit kartu kredit biasanya mengganti kartu dengan yang baru setelah periode tertentu, misalnya setelah 2 atau 3 tahun.

Mengganti kartu kredit secara berkala membantu melindungi pemegang kartu dari penyalahgunaan.

Dengan mengganti kartu secara teratur, risiko kebocoran informasi kartu kredit dapat diminimalkan, jika kartu lama dicuri atau data di dalamnya terancam, menggantinya dengan kartu baru dapat membantu mencegah penipuan.

Pemegang kartu kredit mungkin menginginkan perubahan dalam akun mereka seperti pembaruan limit kredit, tipe kartu, atau fitur tambahan.

Dalam kasus ini, penerbit kartu kredit dapat mengganti kartu lama dengan yang baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kadang-kadang, kartu kredit diperbarui untuk mencakup teknologi baru yang meningkatkan keamanan atau menawarkan fitur tambahan.

Misalnya, pengenalan chip EMV pada kartu kredit menggantikan kartu magnetik tradisional untuk mengurangi risiko penipuan.

Jadi, kartu kredit yang lama dengan teknologi yang lebih tua mungkin harus diganti dengan kartu yang sesuai dengan standar baru.

Apabila sudah expired dan dibiarkan, pengguna akan menghadapi risiko yang tak main-main.

Baca Juga: Bayar Tagihan Kartu Kredit Langsung setelah Melakukan Transaksi, Apakah Tetap Dapat Miles?