GridFame.id - Media sosial tengah ramai dengan keputusan pemerintah yang akan menutup TikTok Shop per hari ini, 4 Oktober 2023.
Semua bermula dari jeritan pedagang toko yang mengeluhkan sepinya pembeli lantaran semua orang kini lebih suka belanja di TikTok Shop.
Pasalnya, TikTok Shop selalu memberikan harga yang sangat murah dengan jenis barang yang sama dengan yang mereka jual.
Namun, mereka juga tidak bisa mendapat pembeli dari live shopping lantaran terbantai dengan live shopping yang dilakukan artis.
"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," ujar manajemen TikTok dalam website resminya, Selasa (3/10/2023).
Manajemen juga mengaku, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana perusahaanya ke depan.
Lalu, gimana dengan pesanan yang sudah terlanjur dibuat dan belum dikirim?
Hingga 4 Oktober 2023 jam 8 pagi, tim GridFame.id masih bisa mengakses TikTok Shop yang pilihannya masih ada dibagian paling bawah.
Di sana, terdapat banner pengumuman yang berbunyi:
'PENGUMUMAN PENTING
Untuk memathui perundang-undangan yang berlaku, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi eCommerce di TikTok Shop mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17:00 WIB. Kami berterima kasih atas semua dukungan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, silahkan klik:'
Baca Juga: Ada Banyak Materi Pelatihan Ekslusif! Begini Cara Beli TikTok Series Bayar Pakai OVO
Lalu pada bagian bawah banner itu ada FAQ yang bisa dibaca.
Tertulis di sana bahwa semua paket yang dipesan sebelum tanggal 4 Oktober akan dikirim seperti biasanya.
Namun, jika ada pesanan dengan status pending maka akan dibatalkan oleh TikTok Shop.
Semua voucher yang belum digunakan juga akan hangus dan tidak bisa digunakan lagi.
Kita bisa melakukan pembatalan dan pengembalian dana (refund).
TikTok membeberkan tata caranya melalui laman FAQ di dalam situs resminya.
Caranya dengan membuka antarmuka (interface) pembelian (order) pada fitur TikTok Shop di dalam aplikasi.
Pilih ikon 'Shop' di sisi bawah aplikasi, lalu klik 'Orders'.
Saat masuk ke laman detail order, pilih 'Request refund/return, lalu klik 'refund'.
Anda bisa memilih template alasan untuk meminta pengembalian dana.
Lalu, klik 'Submit'.
Pembeli bisa mengecek status return/refund barang pada antarmuka order.
Adapun pengembalian dana akan diproses setelah seller menyetujui permintaan refund dari pembeli.
Durasi pengembalian dana bergantung pada metode pembayaran yang dilakukan.
Berikut rinciannya:
- Transfer bank (3-5 hari kerja)
- Uang tunai/COD (2-3 hari kerja)
- Kredit/Debit via Worldplay (7-14 hari kerja)
- E-wallet DANA/OVO/ShopeePay/GoPay (1-2 hari kerja)
Baca Juga: Ternyata Gak Perlu Keluar Uang! Ini 5 Tips Agar Dapat Centang Biru di TikTok Gak Pakai Lama