Find Us On Social Media :

Nasabah Terkena Phising, DANA Lakukan Investigasi Menyeluruh

Netizen bagikan kasus saldo DANA raib, ini yang bisa kita lakukan kalau terjadi

GridFame.id - Beberapa waktu lalu, viral kasus di mana seorang nasabah DANA kehilangan saldonya.

Kisah itu diceritakan lewat aplikasi X oleh akun @taetaearchivee.

Ia cerita bahwa saldonya sebesar Rp 6 juta habis karena adanya transaksi tak diketahui dari akunnya.

Nomor OTP yang masuk ke HP-nya pun tak terdeteksi notifikasinya.

Sehubungan dengan kasus ini, DANA langsung bertindak cepat mengatasi masalah ini.

Sharon Issabella, Head of Communications DANA Indonesia, membuat pernyataan lewat tanggapan resmi yang dikirim kepada GridFame.id.

"Kami dapat informasikan bahwa kejadian ini telah menjadi perhatian DANA dan kami turut menyesal atas kejadian yang menimpa dan mengakibatkan hilangnya saldo DANA milik pengguna," ujarnya.

Guna mengatasi masalah ini, tim DANA disebutnya mengadakan investigasi menyeluruh.

Mereka mencocokkan identitas pengguna serta runtutan kasus tersebut.

"Sesuai komitmen kami untuk terus mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna, kami telah melaksanakan investigasi secara menyeluruh dengan menghubungi langsung pengguna yang bersangkutan oleh tim Customer Care DANA, untuk mencocokan identitas pengguna serta mencari tahu kronologis dari setiap transaksi digital yang telah dilakukan pengguna," lanjutnya lagi.

Rupanya, nasabah DANA tersebut terkena phising.

Baca Juga: Kena Phising! Saldo DANA Hilang Gegara Ada Permintaan OTP Tak Terdeteksi, Segera Lakukan Ini Kalau Terjadi Pada Kita!

Dilansir dari Kompas.com, phising adalah kejahatan digital yang menargetkan informasi atau data sensitif korban melalui email, unggahan media sosial, atau pesan teks.

Aktivitas phising adalah bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari untuk tujuan kejahatan.

"Hasil investigasi kami menyebutkan bahwa adanya serangan phishing yang menimpa pengguna sebelumnya di luar aplikasi DANA, di mana pihak yang tidak bertanggungjawab telah memanfaatkan kesempatan ini untuk menyambungkan PIN dan OTP yang diterima untuk mengakses akun pelaku dengan aplikasi lainnya," kata Sharon Isabella.

Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna, DANA melakukan edukasi untuk pengguna akan berbagai jenis kejahatan siber.

Atas berlangsungnya kejadian ini, DANA kembali mengimbau seluruh pengguna untuk mendukung keamanan dan perlindungan data pribadinya dengan berperilaku bijak dan penuh kewaspadaan.

Caranya dengan mengganti PIN secara berkala, menjaga kerahasiaan kode OTP dengan tidak membagikannya kepada orang lain maupun pihak tidak berwenang yang mengatasnamakan DANA.

Serta mengarahkan seluruh laporan ke kanal Customer Care resmi DANA yaitu 1500 445 atau e-mail help@dana.id.

Baca Juga: Cicilan KPR Belum Lunas tapi Butuh Pinjaman? Begini Cara Mengajukan Refinancing di BCA