Find Us On Social Media :

Hati-hati! Nomor HP yang Sudah Tidak Aktif Bisa Disalahgunakan, Begini Modusnya

modus kejahatan pakai nomor hp yang sudah tidak aktif

GridFame.id - Nomor HP yang sudah tidak aktif adalah nomor telepon seluler yang tidak lagi terhubung ke layanan atau jaringan seluler.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, misal pemilik nomor HP dapat memutuskan untuk membatalkan atau nonaktifkan layanan telepon seluler mereka, yang akan mengakibatkan nomor tersebut tidak lagi aktif.

Kadang-kadang, pemilik nomor HP dapat memilih untuk memindahkan nomor mereka ke penyedia layanan lain atau ke jenis layanan yang berbeda.

Seperti nomor ponsel prabayar menjadi nomor ponsel pasca bayar, yang juga dapat mengakibatkan nomor tidak aktif sementara proses pemindahan sedang berlangsung.

Beberapa penyedia layanan telekomunikasi melakukan penghapusan nomor yang sudah tidak aktif dari sistem mereka setelah periode waktu tertentu ketika nomor tersebut tidak digunakan atau tidak memiliki pembayaran yang diperlukan.

Jika ponsel yang terhubung ke nomor tersebut hilang atau dicuri, pemilik nomor sering kali memutuskan untuk menonaktifkan nomor tersebut untuk mencegah akses yang tidak sah atau penyalahgunaan.

Nomor HP yang tidak aktif tidak lagi dapat menerima panggilan atau pesan teks, dan tidak terhubung ke layanan data seluler.

Meskipun demikian, informasi yang terkait dengan nomor tersebut mungkin masih ada dalam catatan penyedia layanan.

Dan risiko penyalahgunaan atau penggunaan ulang nomor tersebut masih mungkin terjadi jika data tersebut tidak dihapus atau dikelola dengan benar oleh penyedia layanan.

Ada beberapa modus kejahatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan kartu provider yang sudah tidak aktif.

Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Jelang Lebaran Banyak Pencurian Data Berkedok CS, Pahami Ciri-cirinya Agar Tak Jadi Korban