GridFame.id - Salah satu fitur pembayaran nanti yang banyak dipakai saat ini adalah Shopee Paylater.
SPayLater adalah metode pembayaran Beli Sekarang, Bayar Nanti yang disediakan oleh PT Commerce Finance di dalam aplikasi Shopee.
Dengan SPayLater, Anda dapat melakukan pembelian terlebih dahulu dan membayarnya di bulan berikutnya atau dengan metode cicilan selama beberapa bulan.
Selain sebagai metode pembayaran di Shopee, Anda juga dapat menggunakan SPayLater untuk membayar tagihan Anda.
Ada banyak keuntungan menggunakan SPayLater untuk transaksi.
Pertama, proses verifikasi yang cepat dan aman.
Tersedia pilihan tenor pembayaran dalam rentang waktu 3 (tiga), 6 (enam), 12, 18* dan 24* bulan.
Biaya cicilan (suku bunga & biaya lain) yang rendah.
Namun jika ingin menghilangkan fitur ini, ada beberapa hal yang harus diketahui agar tak ditolak.
Apa penyebabnya?
Simak ini 7 hal yang bisa menyebabkan pengguna tak bisa hapus fitur paylater di akun Shopee.
Baca Juga: Kenapa Tak Muncul Opsi Pembayaran Shopee Paylater padahal Sudah Aktivasi? Ini Penyebabnya
Penyebab Permintaan Hapus Akun Ditolak
Berikut adalah kemungkinan alasan mengapa permintaan penghapusan akun Anda ditolak:
1. Akun Anda dibatasi/dibekukan
Akun Anda mungkin dibatasi jika telah terdeteksi terlibat dalam aktivitas mencurigakan yang melanggar Syarat & Ketentuan Shopee termasuk pembuatan pesanan palsu, penyalahgunaan voucher atau promo, penipuan, dan banyak lagi.
2. Anda masih memiliki uang di saldo ShopeePay atau transaksi yang sedang berlangsung.
Anda hanya dapat meminta penghapusan akun ketika saldo ShopeePay Anda nol.
Jika Anda masih memiliki saldo ShopeePay, silakan pindahkan ke rekening bank Anda.
Pastikan bahwa setiap transaksi yang sedang berlangsung, seperti penarikan atau transfer saldo ShopeePay, diselesaikan sebelum Anda meminta penghapusan akun.
3. Nomor telepon Anda sudah terlalu sering digunakan untuk mendaftar akun Shopee.
Hubungi Customer Service Shopee untuk memberikan informasi mengenai adanya beberapa pendaftaran terkait dengan nomor telepon Anda.
4. Anda masih memiliki pesanan yang sedang berlangsung.
Pastikan semua pesanan Anda telah selesai, termasuk yang masih dikirim atau dalam proses untuk pengembalian barang/dana, sebelum meminta penghapusan akun.
Baca Juga: Berapa Persen Limit Maksimal Pemakaian Shopee Paylater?
Sebuah pesanan dianggap selesai hanya jika dana untuk transaksi tersebut telah dibayarkan.
Misalnya, pengembalian dana harus diberikan kepada Pembeli atau pembayaran harus diberikan kepada Penjual agar pesanan dianggap selesai bagi kedua belah pihak.
5. Anda telah melampaui batas penghapusan akun
Anda hanya dapat menghapus akun yang dibuat dengan nomor telepon yang sama (2) dua kali.
Misalnya, jika Anda menghapus akun sekali dan mendaftar lagi menggunakan nomor telepon yang sama, Anda hanya dapat menghapusnya sekali lagi.
Jika Anda mendaftar untuk ketiga kalinya dengan nomor telepon yang sama, Anda tidak akan bisa menghapus akun tersebut.
6. Anda memiliki tagihan SPayLater/SPinjam di Shopee
Periksa apakah Anda memiliki tagihan SPayLater/SPinjam sebelum meminta penghapusan akun.
7. Anda masih memiliki uang di saldo Penjual atau transaksi yang sedang berlangsung.
Anda hanya dapat meminta penghapusan akun ketika saldo Penjual Anda nol.
Jika Anda masih memiliki saldo Penjual, pindahkan ke rekening bank Anda.
Baca Juga: Pantas Anak Muda Banyak Utang, Ini Kesalahan yang Bikin Tagihan Shopee Paylater Jadi Tak Terbayar