GridFame.id – Industri kecantikan Indonesia terus berkembang dengan kehadiran beragam tren kosmetik dan perawatan kulit yang kian populer.
Hal ini mendorong permintaan masyarakat akan produk kecantikan lokal untuk semakin kreatif dengan mengedepankan kualitas bahan baku yang baik.
Melihat adanya peluang yang menjanjikan ini lantas mendorong Anugrah Pakerti, selaku Founder Avoskin, untuk mendirikan brand lokal kecantikan Avoskin pada 2014.
Terinspirasi dari kata ‘Avocado’ yang mencerminkan unsur natural, Avoskin ingin memastikan konsumennya bisa merasakan produk skincare yang aman dengan memanfaatkan bahan dari alam.
Kini, perkembangan teknologi turut mempermudah proses distribusi dan akses konsumen terhadap berbagai produk kecantikan.
Melalui platform online seperti Shopee, turut menunjang pertumbuhan UMKM dan brand lokal untuk memperluas pangsa pasar melalui fitur dan program yang ditawarkan.
Anugrah mengatakan, “Hadirnya Avoskin awalnya karena kami menemukan situasi beberapa konsumen masih mencoba produk yang belum terjamin keamanannya hingga berbahaya buat kulit mereka.”
Maka dari itu, lanjut Anugrah, Avoskin hadir menyajikan skincare lokal yang mengedepankan bahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
Baca Juga: Terbongkar! Faktanya Utang Pinjol Jadi Tambah Berat Gegara 5 Hal Ini
Baca Juga: Simak 5 Daftar Bisnis dengan Risiko dan Modal Kecil tapi Bisa Untung Ratusan Juta
Skincare Unisex yang Cocok untuk Wanita dan Pria
Saat peluncurannya, Avoskin fokus pada produk basic seperti pelembab. Namun seiring berjalannya waktu mulai menghadirkan cleanser dan produk lainnya.
Hingga pada 2016, Avoskin merilis Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) dan berhasil membuat Avoskin dilirik pasar Indonesia lebih besar lagi.
“Sejak awal, brand kami lebih berfokus pada penjualan online, sehingga memudahkan orang mencoba produk kami.Termasuk salah satu langkah strategis bergabung dengan platform Shopee,” imbuh Anugrah.
Produk-produk yang saat ini diproduksi Avoskin sangat variatif dan bisa digunakan unisex, baik wanita maupun pria.
Avoskin berkreasi merilis setiap produknya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen yang beragam.
Melalui bisnisnya, Avoskin berkomitmen mengambil peran dalam memberi dampak positif bagi masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan kontribusi terhadap perekonomian lokal.
Selain itu, unique selling point dari produknya adalah pemilihan natural ingredients dan konsep sustainability yang terus diimplementasikan, dari proses supply chain, produksi hingga kampanye.
Selain itu, Avoskin menggabungkannya dengan kandungan aktif seperti AHA, BHA, Tranexamic, Lactic Acid, Retinol dan lainnya yang juga teruji efektif mengatasi berbagai masalah kulit.
Dalam urusan merawat diri, baik wanita dan pria, tentu ingin menunjukkan penampilan terbaik dirinya.
Menggunakan skincare maupun body care bukan hanya ditujukan bagi wanita, tetapi juga pria agar tampil memukau dan lebih percaya diri setiap harinya.
Menurut penelitian, tekstur kulit pria lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit wanita, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam.
Ditambah lagi, aktivitas sehari-hari dan polusi juga berdampak pada semua kulit tanpa melihat gender.
Baca Juga: Cara Beli Emas di Pegadaian dengan Pembayaran Dicicil
Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Tips Anti Rugi Meski Sering Belanja di Online Shop
Gandeng Refal Hady Jadi Local Brand Ambassador
Melihat hal di atas, Avoskin memperkenalkan Refal Hady sebagai Local Brand Ambassador sejak 2022.
Avoskin dan Refal Hady merepresentasikan semangat dan misi yang sama, yaitu berkarya dan selalu menyajikan performa terbaik.
Refal merupakan sosok anak muda yang digemari semua kalangan masyarakat, sehingga diharapkan dapat merangkul konsumen pria untuk lebih menyadari pentingnya merawat diri.
Agar para pria tampil lebih menawan, berikut tahapan skincare Avoskin yang dapat digunakan di pagi dan malam hari:
- Skincare Pagi Hari
1) Bersihkan wajah dengan Natural Sublime Facial Cleanser
2) Hidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence
3) Gunakan Intensive Divine Day Cream
4) Beri perlindungan tambahan dengan The Great Shield Sunscreen
- Skincare Malam Hari
1) Bersihkan wajah dengan Natural Sublime Facial Cleanser
2) Nutrisi kulit dengan Your Skin Bae Toner Vitamin C
3) Hidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essenc
4) Gunakan Your Skin Bae Serum Hyacross (untuk kulit kering)
5) Kunci kelembaban kulit dengan Night Cream
Baca Juga: Tak Punya NPWP Berarti Tak Wajib Bayar Pajak? Simak Penjelasannya di Sini
Kolaborasi Tingkatkan Peluang Bisnis
Dalam perjalanan bisnisnya, Avoskin terus berupaya mencari langkah strategis dalam mengadaptasi perkembangan teknologi dan tren penjualan online.
Sejak awal berdiri, Anugrah menyadari pentingnya memanfaatkan platform e-commerce guna menjangkau konsumen secara lebih luas.
“Kami memilih Shopee karena melihat potensinya sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia,” kata Anugrah.
Pada 2019, lanjutnya, Avoskin memutuskan berkolaborasi dengan Shopee sebagai langkah strategis memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas produk, dan penjualan melalui platform online.
“Sejak pertama kali berjualan di Shopee, Avoskin telah mengalami peningkatan penjualan yang luar biasa berkat fitur dan kampanye menarik yang ditawarkan Shopee,” tambah Anugrah.
Avoskin pun aktif memanfaatkan fitur dan program yang disediakan Shopee demi meningkatkan daya tarik produk dan memperluas jangkauan konsumen.
Salah satu strategi yang gencar digunakan adalah kampanye angka kembar, yang kian menjadi alasan utama pengguna berbelanja online dan berhasil menghasilkan lonjakan pesanan hingga 9 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Avoskin menyadari pentingnya membangun loyalitas konsumen yang dapat diperkuat melalui fitur-fitur yang ada di Shopee, di antaranya flash sale, voucher, dan live streaming.
“Kami juga berupaya memberi layanan customer service yang responsif dan solutif melalui fitur chat di Shopee untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan konsumen dengan baik,” ujar Anugrah.
Baca Juga: Bisa Cepat Gulung Tikar! Hindari Sederet Kesalahan Ini saat Memilih Lokasi Usaha atau Bisnis
Baca Juga: Promo Paket Dufan Setahun Cuma Rp 200 Ribuan dan Harian Rp 150 Ribuan, Ini Ketentuannya
Baca Juga: Cara Tagih Utang ke Teman yang Ampuh dan Aman, Jangan Coba-Coba Lewat Media Sosial!
Optimalkan Fitur Live dan Video
Selain memanfaatkan berbagai kampanye, Avoskin juga ingin meningkatkan interaksi yang lebih dekat dengan konsumen melalui fitur Shopee Live dan Shopee Video.
Di mana penjual dapat berinteraksi dan memperkenalkan produk secara lebih detail, serta tak lupa memberi penawaran menarik ketika mengadakan sesi live.
Anugrah mengaku, setelah bergabung dengan Shopee, Avoskin merasakan performa luar biasa melalui peningkatan penjualan yang signifikan.
Pada 2022, Avoskin telah melakukan aktivasi fitur Shopee Live sebagai bentuk strategi digital untuk memperkuat interaksi dengan konsumen.
Dengan mengoptimalkan fitur ini, kontribusi Shopee Live pada total pendapatan Avoskin berhasil mencapai 30-40% pada bulan Mei 2024.
“Fitur ini memberi kesempatan bagi Avoskin mendapatkan eksposur lebih luas dan benefit voucher dari Shopee, sekaligus menarik konsumen baru dan memperkuat branding bisnis kami,” tutup Anugrah.
Spesial di kampanye 6.6 Great Mid Year Sale kali ini, Avoskin telah menyiapkan rangkaian keseruan dan penawaran menarik yang dihadirkan bagi pengguna Shopee.
Akan ada penawaran harga terbaik, voucher, flash sale dan sesi Shopee Live Streaming setiap harinya.
Jadi jangan sampai terlewat, nikmati ragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk kecantikan lokal favoritmu di Shopee!
Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.