GridFame.id - Bisakah membatalkan transaksi jika salah top up saldo DANA ke nomor orang lain?
DANA kini menjadi salah satu dompet digital atau e-wallet yang digunakan banyak orang.
Seperti namanya, DANA berfungsi untuk menyimpan uang secara digital atau berupa saldo.
Selain untuk menyimpan uang digital, DANA juga bisa dijadikan sebagai metode pembayaran.
Tak heran kalau banyak yang menggunakannya karena praktis.
Untuk mengisi saldonya, kita harus melakukan top up terlebih dulu.
Top up bisa dilakukan lewat gerai Indomaret, Alfamart, Watsons, DanDan, hingga transfer bank.
Saat melakukan top up, kita akan diminta memberikan nomor HP yang tertera di DANA sebagai tujuannya.
Namun, bagaimana jika nomor HP yang dimasukkan salah?
Apakah transaksi bisa dibatalkan?
Begini penjelasannya!
Baca Juga: Jangan Khawatir Saldo Hilang, Ini Cara Mengembalikan Akun DANA jika Nomor HP yang Digunakan Hangus
Melansir dari dana.zendesk.com, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini kalau salah memasukkan nomor HP saat top up DANA.
Pertama, Anda bisa mengecek status transaksi setalah melakukan top up.
Cek apakah transaksi berhasil atau tidak.
Biasanya, transaksi akan otomatis gagal kalau nomor HP tidak terdaftar.
Jadi, uang Anda tidak akan hilang atau terkirim ke akun DANA orang lain.
Jika transaksi berhasil dan terjadi error karena salah memasukkan nomor tujuan, Anda bisa langsung menghubungi nomor pengguna lain untuk meminta refund.
Sebab, pihak DANA tidak punya kewenangan membatalkan transaksi dari sistem.
Namun, pastikan Anda memintanya dengan baik serta menunjukkan bukti transfernya.
Perlu diingat, cara ini tidak bisa menjamin uang Anda kembali.
Tergantung apakah pemilik akun DANA tersebut mau mengembalikannya atau tidak.
Untuk itu, selalu periksa ulang nomor tujuan DANA saat melakukan top up.
Semoga informasinya membantu!
Baca Juga: Gagal Transfer Dari OVO ke DANA, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Source | : | dana.zendesk.com |
Penulis | : | Hani Arifah |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar