GridFame.id - Anda tentu tidak asing dengan istilah orderan fiktif.
Sebab, beberapa waktu lalu banyak sekali kasus penipuan orderan fiktif GrabFood.
Biasanya, orderan fiktif ini terjadi pada layanan GrabFood.
Pelaku orderan fiktif biasanya akan memesan makanan lewat GrabFood dalam jumlah banyak.
Selain itu, metode pembayaran dipilih adalah pembayaran cash.
Namun, saat driver mengantarkan pesanan ke tempat tujuan, driver tidak bisa menemukan pemesannya.
Seringnya, pemesan orderan fiktif juga tidak bisa dihubungii.
Hal ini tentu saja sangat merugikan pihak driver.
Sebab, driver sudah mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar makanan di resto.
Lalu, bisakah driver mengajukan ganti rugi ke pihak Grab jika mengalami masalah di atas?
Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!
Baca Juga: Bisa Makin Hemat! Ini 3 Cara Dapatkan Kode Promo Grab
Melansir dari laman Help.grab.com, driver ternyata bisa mengajukan penggantian uang jika mendapat orderan fiktif, lo.
Namun, pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan hal-hal di bawah ini.
- Menghubungi pemesan sebelum membeli makanan/item
- Menghubungi pemesan ketika hendak mengantar makanan/item
- Menyimpan dan mengambil foto struk/bukti belanja orderan dari toko
- Mengambil foto diri Anda memegang makanan/item
- Menekan "Selesai" di lokasi pengantaran sesuai Aplikasi.
Jika Anda sudah melakukan hal di atas, Anda bisa langsung mengajukan klaim penggantian uang yang Anda gunakan untuk membayar makanan di resto.
Yakni dengan cara membuat laporan dengan cara klik di sini.
Kemudian, klik Masuk dan ikuti petunjuk yang ada di sana.
Baca Juga: Gagal Bayar Pesanan Grab Pakai OVO? Berikut Cara Cepat Mengatasinya
Penulis | : | Hani Arifah |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar