GridFame.id - Akun Tokopedia Anda diblokir atau dimoderasi?
Simak informasi yang satu ini dulu deh!
Baik akun pembeli maupun penjual atau Seller, sama-sama bisa diblokir atau dimoderasi.
Itu karena ada beberapa pelanggaran yang dilakukan.
Berikut beberapa penyebab mengapa akun pembeli Tokopedia diblokir :
Aktivitas pembeli juga diatur dalam S&K.
Pembeli tidak diperkenankan untuk mengunggah konten yang melanggar ketentuan.
Baik konten dalam bentuk teks, gambar, maupun jenis media lainnya.
Misalnya, ada pembeli yang menulis komentar SARA di salah satu toko.
Atau pembeli yang berkata kurang sopan pada penjual saat tanya – jawab soal barang.
Semua ini termasuk dalam konten yang melanggar ketentuan.
Baca Juga: Mudik Lebaran Makin Praktis Tanpa Perlu Antre! Begini Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat Tokopedia
Bila Tokopedia menemukan atau mendapatkan laporan tentang hal semacam ini, mereka akan langsung memblokir akun yang bersangkutan.
Belakangan ini, muncul tren baru di kalangan pengguna platform belanja online.
Mereka banyak menggunakan bot untuk memanipulasi sistem.
Misalnya memakai BOT dengan fitur auto order untuk memenangkan flash sale.
Tokopedia memiliki sistem yang mampu mendeteksi aktivitas tidak wajar.
Misalnya, pembeli membuat pesanan hanya dalam waktu beberapa detik.
Durasi order yang terlalu cepat mustahil dilakukan secara manual dengan tangan manusia.
Ini adalah salah satu indikasi penggunaan BOT yang mencurangi sistem dan merugikan pengguna lain.
Selain untuk memenangkan flash sale, masih banyak jenis bot lain dengan fitur spesifik yang menimbulkan kerugian pada pihak lain.
Istilah Fake Order atau pemalsuan pembelian mungkin sudah tidak asing lagi bagi penjual dan pembeli di Tokopedia.
Pemalsuan pembelian ini biasanya dilakukan oleh ‘oknum’ pembeli maupun penjual untuk meningkatkan kepercayaan pembeli pada toko.
Baca Juga: Begini Cara Bayar PBB di Tokopedia Terbaru 2023 Tanpa Ribet, Bayarnya Bisa di Sini
Namun, tindakan pemalsuan pembelian ini sangat dilarang oleh Tokopedia, karena tergolong tindakan penipuan yang akan merugikan pihak pembeli atau penjual lain.
Akun pembeli dan penjual akan diblokir / dimoderasi jika terdapat indikasi penipuan fake order dan diperlukan banding akun untuk memulihkannya.
Alasan lain mengapa akun Tokopedia dinonaktifkan adalah penyalahgunaan voucher baik voucher belanja maupun voucher gratis ongkir.
Pada dasarnya voucher belanja di Tokopedia memiliki limit penggunaan yang akan direset perbulan sesuai dengan status royalty akun Tokopedia.
Penyalahgunaan voucher belanja ini terkadang dilakukan pembeli untuk mendapatkan voucher cashback / gratis ongkir berkali – kali tanpa harus mendaftar akun baru.
Mencoba login ke akun Tokopedia yang dilakukan berulang kali dapat membuat akun Tokopedia di banned.
Kesalahan email / password saat login adalah penyebab utamanya.
Jika kamu lupa email, nomor telepon atau password akun Tokopedia, kamu bisa mencoba fitur ‘lupa password’ untuk mengatasinya.
Kalau terindikasi melakukan kesalahan, maka akan ada 2 kemungkinan.
Akun Tokopedia bisa diaktifkan kembali setelah jangka waktu tertentu atau akun Tokopedia diblokir permanen.
Semua tergantung dari jenis kesalahan dan besarnya kerugian yang ditimbulkan.
Baca Juga: Langsung Cuan Banyak! Begini Cara Daftar Tokopedia Seller Supaya Langsung Jadi Official Store
Tapi jika tidak merasa melakukan kesalahan, sampaikan keberatan pada CS.
Kemungkinan lainnya adalah akun dibajak dan disalahgunakan oleh orang lain.
Cara mengembalikan akun Tokopedia yang diblokir atau dimoderasi dapat dilakukan dengan mengajukan banding akun dengan melampirkan bukti – bukti valid terkait kesalahan penetapan pelanggaran S&K.
Jika akun tidak terbukti melakukan pelanggaran, maka akun Tokopedia akan dipulihkan dan dapat digunakan kembali seperti biasa.
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar