GridFame.id - Unggahan foto disertai narasi perihal meteran listrik yang eror ramai di media sosial, Facebook.
Dalam unggahan yang dimuat di grup info cegatan jogja pada Rabu (29/11/2023) tersebut, penggungah mempertanyakan terkait aduan meteran listrik yang eror melalui ListriQu, layanan pengaduan yang disediakan PLN.
Selain itu, pengunggah juga menyertakan tangkapan layar yang ia terima dari pesan WhatsApp yang mengatasnamakan dari ListriQu.
Di dalamnya tertulis bahwa PLN bertanggung jawab hanya sampai kWh meter dan untuk Instalasi Milik Pelanggan (IML) merupakan tanggung jawab pelanggan.
Berikut rincian unggahannya:
"Butuh info yg jelas dulur.....meteran listrik error' padam tulisan meteran call..telp pln 123 dicatat dikasih no aduan..tiba2 ada yg wa dari listrikqu rekanan PLN yg tau nomer aduan dan nama no telp minta share loc...setelah selesai minta biaya 138 rb...apa benar sekarang seperti itu ya..." tulis pengunggah.
Beberapa warganet turut mengomentari unggahan tersebut.
Ada yang mengatakan bahwa penggantian meteran listrik seharusnya gratis.
"Langsung laporan ke PLN aja nanti lgsg ada petugas nya yg datang gratis,cm plg kalau tuan rumh mau ngasih rokok minum gitu," tulis pemilik akun Heppy Ridhasonali.
"Kmaren saya ganti meteran eror gratis tis tidak ada biaya sama sekali," tulis pemilik akun Alex Dab.
Namun demikian, beberapa lainnya mengatakan bahwa penggantian meteran dari PLN memang berbayar.
Baca Juga: Wajib Tahu! Segini Tarif Listrik PLN Baru yang Berlaku 1 Desember Besok!
"ListriQu emang berbayar karena untuk bagian instalasi listrik dalam rumah. Kalau PLN hanya sampai kwh meter saja," tulis pemilik akun Muhammad Abdul Chaironi.
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto membenarkan bahwa pesan WhatsApp dalam unggahan yang viral tersebut memang berasal dari petugas ListriQu.
"Jika terdapat kelainan pada kWh meter milik PLN, maka PLN akan melakukan penggantian kWh meter listrik tersebut secara gratis tanpa dikenakan biaya apa pun kepada pelanggan," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/11/2023).
"Namun, apabila terdapat gangguan di sisi instalasi pelanggan, maka biaya yang timbul menjadi tanggung jawab pelanggan," sambungnya. Sementara itu, untuk pemeriksaan instalasi pelanggan juga dilakukan atas persetujuan pelanggan.
Apabila pelanggan berkenan, maka akan dilakukan pemeriksaan.
Dan apabila tidak berkenan pun tidak menjadi soal.
"PT PLN (Persero) terus memperhatikan kepuasan pelanggan sebagai bagian dari peningkatan customer experience," terangnya.
Selain itu, Adi menyampaikan bahwa kWh meter listrik merupakan aset milik PLN yang dititipkan di persil pelanggan.
"Jika terdapat permasalahan/gangguan pada meter listrik, pelanggan dapat melaporkan langsung melalui PLN Mobile yang dapat di-download di App Store maupun PlayStore," kata dia.
"Setelah download dan registrasi ID Pelanggan selanjutnya bisa dipilih fitur 'Pengaduan' dan 'Permasalahan pada kWh Meter Pascabayar dan Prabayar'," imbuhnya.
Ia menambahkan, PLN berkomitmen akan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan baik dari sisi keandalan pasokan listrik maupun akurasi pengukuran listrik yang digunakan oleh pelanggan.
Baca Juga: Segini Tarif Listrik PLN Per kWh Terbaru 2023, Ada Kenaikan?
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar