GridFame.id- PT PLN (Persero) menyediakan 2 metode yang bisa dipilih pelanggan untuk melakukan pembayaran listrik, yakni metode prabayar dan pascabayar.
Kedua jenis pembayaran listrik tersebut baik prabayar dan pascabayar memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Salah satu contohnya pada sistem prabayar (token listrik), yang kadang mengalami gangguan.
Kendala teknis yang sering ditemui pada metode prabayar mengenai gagal pengisian token listrik.
Bisa jadi akibat keterlambatan dalam pengisian pulsa hingga input token listrik terus gagal meski sudah membeli yang baru.
Kejadian semacam ini membuat pelanggan resah karena listrik bisa padam sewaktu-waktu jika tidak segera isi token.
Semengtara pelanggan juga takut jika sampai token yang diberi tidak dapat digunakan lagi.
Beberapa warganet mengungkapkan keluh kesahnya melalui akun resmi PT PLN beberapa waktu lalu.
Selamat siang @pln_123 saya tidak bisa input token pln ini selalu gagal kenapa ya," kata @lay_00156.
"@pln_123 ini isi token waktu input gagal terus. Tolong Jawab, jgn suruh ke aplikasi karena udh download udah bicara sama CS tiba disuruh re-connecting . Ini sengaja atau gimana? JAWAB YA," ungkap @AndrewHartanto2.
Tanggapan PLN
Terkait hal tersebut Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan, jika sudah berkali-kali gagal memasukkan token listrik meski sudah benarm maka harus selidiki oleh unit di wilayah terkait.
Dirinya menjelaskan harus ada petugas yang cek lapangan terhadap ganguuan yang dikeluhkan masyarakat
“Tapi tetep di sana juga perlu cek lapangan seperti apa gangguan yang terjadi,” ujarnya
Selain itu, jika mengalami kendala terkait masalah apapun yang berhubungan dengan layanan PLN dirinya menyarankan untuk menghubungi PLN baik melalui aplikasi maupun telepon
“Ya semua melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123,” jelasnya
Penyebab gagal isi token
Ada beberapa penyebab yang menjadikan seseorang gagal isi token listrik yang sudah diberli diantaranya:
Kesalahan dalam meng-input digit token meter prabayar
Jika dalam layar kWh meter muncul tulisan "periksa" hal ini bisa dikarenakan kesalahan teknis instalasi
Sedang dalam periode update/pembaharuan sistem meter prabayar. Fungsinya adalah untuk tetap menjaga performa kWh meter pelanggn agar tetap berfungsi dengan baik
Ada permohonan pelanggan yang belum terselesaikan, seperti Perubahan Daya. Sehingga perlu diselesaikan dulu proses permohonannya.
Maka dari itu jika menemui kendala-kendala tersebyt jalan keluarnya ajukan pengaduan ke PLN Mobile maupun contact center 123.