Find Us On Social Media :

Bukan Ivermectin Ini Rekomendasi Obat Covid-19 Untuk Semua Gejala yang Disetujui Organisasi Dokter

Rekomendasi obat Covid-19 bagi semua gejala (ringan, sedang, berat)

GridFame.id- Kasus penambahan Covid-19 di Indonesia semakin meningkat, gelombang tiga yang diprediksi datang di pertengahan Februari hingga Maret 2022 kian nyata.

Maka dari itu pemerintah tengah menyiapkan strategi baiknya dalam menghadapi adanya lonjakan kasus hingga gelombang ketiga Covid-19.

Mulai dari pencapaian vaksinasi booster untuk prioritas kalangan rentan dan lansia hingga penggunaan obat Covid-19 yang cocok bagi penderita terkonfirmasi.

Jika dulu Ivermectin merupakan salah satu obat yang dinilai sembuhkan Covid-19, namun tampaknya tidak berlaku kali ini.

Pemerintah tengah memastikan ketersediaan obat-obatan terapi Covid-19 yang sudah disetujui organisasi profesi kedokteran.

Pemberian terapi obat-obatan ini ditujukan kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 baik gejala ringan, sedang, hingga berat.

 Baca Juga: Tingkatan Kasus Covid-19 RI Makin Ngeri, Epidemiolog Singgung Gelombang Baru yang Cenderung Berpusat di Wilayah Ini

Setidaknya ada 2 obat-obatan Covid-19 yang kini sedang dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia dalam penanganan pasien terkonfirmasi.

Dua obat terapi Covi-19 ini diantaranya adalah Avigan dan Molnupiravir yang sudah mendapat persetujuan organisasi dokter.

Kendati demikian, untuk pasien gejala ringan Menteri Kesehatan Budi Sadikin menganjurkan untuk melakukan isolasi mandiri dan membeli obat-obatan melalui aplikasi telemedicine.

Terkait dengan kasus Covid-19 yang terus meningkat di Indonesia terutama Omicron, Menkes telah menyiapkan antivirus Avigan/ Favipiravir dan Molnupiravir.

Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir ini sesuai rekomendasi para dokter yang tergabung dalam organisasi profesi.