Find Us On Social Media :

Kemenkes Makin Waspada, Tiga Pasien Meninggal Dunia! Ini Gejala Hepatitis Akut Misterius yang Serang Anak-Anak Usia 1 Bulan sampai 16 Tahun

Hepatitis Misterius sampai ke RI penderita mengeluhkan beberapa gejala sebelum meninggal dunia

GridFame.id - Beberapa waktu terakhir jagat maya dihebohkan dengan kabar munculnya penyakit baru.

Penyakit baru yang banyak menyerang anak-anak ini membuat para orang tua waspada.

Penyakit yang kerap disebut hepatitis akut misterius itu mendadak jadi sorotan masyarakat.

Terutama yang memiliki anak usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Kasus hepatitis akut misterius ini sebelumnya telah ditemukan menjangkiti anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia.

Apalagi belum lama ini, tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta diduga juga terjangkiti hepatitis akut hingga mengakibatkan meninggal dunia.

Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya hepatisis akut ini.

Namun ada gejala yang terlihat pada pasien hepatitis akut misterius ini.

Simak dan kenali gejala hepatitis akut misterius pada anak berikut ini.

Baca Juga: Ngeri Hepatitis Misterius Menjalar di RI Pasien Sempat Mengeluh Menderita Gejala Ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus hepatitis akut yang masih misterius di Indonesia. Dalam dua pekan terakhir, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan kasus hepatitis akut sebagai kejadian Luar Biasa (KLB) dan sampai hari ini belum dapat diidentifikasi penyebabnya. Sejak 15 April 2022, hepatitis akut telah menyerang lebih dari 170 anak-anak di berbagai belahan dunia, seperti kawasan Eropa, Amerika dan Asia. Di Indonesia sendiri hingga 30 April 2022, telah terdapat tiga pasien anak yang telah meninggal diduga akibat penyakit hepatitis akut tersebut. Ketiganya meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta. Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan bahwa saat ini Kemenkes sedang melakukan investigasi kasus hepatitis akut melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. “Selama masa investigasi, kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang," kata Nadia melalui siaran pers di laman Kemenkes, Minggu (1/5/2022). Selain itu, Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut. Gejala Hepatitis akut misterius yang serang anak Ketiga pasien yang meninggal dunia diduga akibat penyakit hepatitis akut tersebut ditemukan beberapa gejala sewaktu mendapatkan penanganan medis.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Sudah Menyebar di 12 Negara Ini Gejala yang Harus Diwaspadai