Find Us On Social Media :

Jokowi Umumkan Nota Keuangan Hari Ini, Tanda Gaji PNS Akan Naik?

Jokowi umumkan nota keuangan hari ini, kenaikan gaji PNS didepan mata?

GridFame.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini akan kembali menyampaikan pidato kenegaraan dan keterangan pemerintah terkait RUU APBN 2023 dan Nota Keuangan dalam Rapat Tahunan MPR dan Rapat Bersama DPR & DPD RI.

Mengenai pidato nota keuangan ini menjadi agenda yang paling dinanti-nanti oleh masyarakat.

Kabar mengenai hal ini juga sudah ditunggu oleh para abdi negara yakni tentang kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil atau PNS tahun 2023.

Meski belum secara eksplisit terucap, namun pemerintah sudah sejak lama dikabarkan akan kembali mengerek gaji pokok (gapok) PNS tahun depan.

Biasanya, rencana mengenai kenaikan gaji PNS akan disampaikan langsung oleh Jokowi pada pidato RAPBN 2023 beserta Nota Keuangannya dihadapan MPR, DPR, dan DPD RI.

Hingga saat ini memang belum ada pernyataan resmi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai rencana kenaikan gaji PNS.

Namun dalam rapat bersama Badan Aggaran DPR RI pada 1 Juli 2020, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat mengatakan anggaran belanja pemerintah meningkat di 2023.

Salah satu yang mengalami kenaikan adalah belanja pegawai.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran belanja pegawai 2023, yang sekaligus mengantisipasi adanya perubahan sistem gaji dan pensiunan PNS.

Secara rinci, belanja barang pada 2023 akan dipatok sebesar Rp62.2 trilliun, atau setidaknya naik 7.7 persen dibandingkan dengan anggaran di 2022 yang sebesar Rp57.7 trilliun.

Nilai anggaran belanja barang di 2023 juga lebih besar dibandingkan tahun 2021 yang sebesar Rp52 trilliun.

Baca Juga: Disebut Kiamat PNS, Jabatan Favorit Banyak Orang Ini Bakal Hilang Duluan