Find Us On Social Media :

Wajib Paham! Pasien Pulang Paksa Tanpa Izin Dokter Biaya Tak Ditanggung BPJS Kesehatan

Pasien rawat inap pulang paksa tanpa izin dokter tidak ditanggung BPJS Kesehatan

GridFame.id – Jangan asal minta pulang pasien pulang paksa tanpa izin dokter mulai saat ini.

Pasalnya ini adalah salah satu hal yang memungkinkan pelayanan kesehatan terhadap peserta BPJS kesehatan menjadi tidak bisa ditanggung.

Pasien rawat inap harus paham bahwa mulai sekarang pulang atas permintaan sendiri (APS) mengakibakan dihapuskannya biaya BPJS Kesehatan.

Kiita tahu bahwa kasus ini sering dialami oleh beberaoa asien yang kebetulan pasien BPJS Kesehatan.

Di mana mereka terpaksa pulang paksa atau pulang atas permintaan sendiri padahal belum dapat izin dokter.

Biaya Rawat Inap Pasien Pulang Atas Permintaan Sendiri Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Dikutip dari laporbpjs, pasien rawat inap dikategorikan sebagai pasien pulang paksa atau pasien pulang atas permintaan sendiri jika masuk dalam kategori berikut:

Pasien yang sebenarnya harus mendapatkan tindakan lanjutan untuk mengatasi penyakitnya, akan tetapi pasien tersebut tidak mau melanjutkan. Seperti pasien batu ginjal atau batu empedu yang pulang tanpa ada rekomendasi dokter dan tidak jadi melakukan operasi.

Pasien yang menolak dirujuk ke rumah sakit lain yang memiliki sumber daya lebih baik yang dapat mengatasi penyakitnya, namun lebih memilih pulang atas permintaan sendiri.

Pasien dengan kondisi yang masih sakit belum stabil namun sudah meminta pulang, misalnya pasien demam berdarah dengan kondisi trombosit masih belum normal namun sudah meminta pulang

Sebelumnya, di peraturan yang lama disebutkan bawa pasien pulang paksa jika jalur yang ditempuh sesuai dengan prosedur maka tetap bisa ditanggung BPJS.

Baca Juga: Begini Syarat Agar Dapat Surat Rujukan Dari BPJS Kesehatan dari Puskesmas atau Rumah Sakit