Find Us On Social Media :

Produk Pesanan Rusak atau Imitasi? Ini Bukti yang Diperlukan Untuk Retur Barang di Shopee

Cara retur barang di Shopee

GridFame.id - Belanja di Shopee memiliki banyak keuntungan.

Anda bisa mendapatkan jutaan jenis produk impian dari ribuan penjual.

Selain lengkap, harga barang di Shopee juga tergolong lebih murah.

Nantinya pengguna masih akan mendapatkan potongan harga berupa diskon, cashback hingga voucher Gratis Ongkir.

Menariknya voucher Gratis Ongkir Shopee berlaku di seluruh Indonesia.

Tak cukup sampai di situ, Shopee juga memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya.

Bagi pembeli yang menerika barang tidak sesuai dengan yang tertera di toko akan mendapat pengembalian dana.

Tentu saja pengembalian dana dilakukan jika pebeli memutuskan untuk retur barang.

Retur barang akan diterima apabila pembeli memberikan dokumen bukti sebagai pendukung.

Apa saja dokumen yang diperlukan?

Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Terlanjur Galbay Shopee Paylater? Hadapi Debt Collector yang Datang ke Rumah dengan Trik Ini

Dokumen Pendukung Untuk Retur Barang ke Shopee 

Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, dokumen pendukung yang efektif akan bervariasi sesuai dengan alasan pengembalian barang/dana Anda:

1. Produk rusak

- Foto dan/atau video produk yang menunjukkan kerusakan fisik (misalnya retak atau cacat).

- Foto dan/atau video yang menunjukkan kondisi kemasan internal dan eksternal paket.

2. Produk tidak berfungsi dengan baik

- Foto dan/atau video produk yang menunjukkan bahwa produk tidak berfungsi sebagaimana mestinya (misalnya perangkat elektronik yang tidak berfungsi meskipun tersambung ke sumber daya/baterai dimasukkan).

3. Produk tidak lengkap/hilang

- Foto dan/atau video paket yang diterima dan produk di dalamnya.

- Foto resi yang terlampir pada paket yang menunjukkan isi/berat paket yang seharusnya Anda terima.

Baca Juga: Dijamin Terbebas dari Risiko Penipuan, Begini Cara Ganti Email dan Nomor HP Untuk Keamanan Akun Shopee

- Foto yang menunjukkan semua produk yang diterima dalam paket sedang ditimbang untuk menunjukkan berat total sebenarnya.

4. Produk salah

- Foto dan/atau video paket yang diterima dan produk di dalamnya.

- Tangkapan layar atau screenshot produk yang dijual di toko Penjual pada aplikasi Shopee.

- Foto produk yang diukur menggunakan alat ukur (dari ujung ke ujung) jika ukuran produk salah.

5. Produk imitasi/tidak asli

- Foto dan/atau video paket yang diterima, produk di dalamnya, dan kemasannya.

- Foto resi/consignment note yang dilampirkan pada paket.

- Tangkapan layar (screenshot)/link/dokumen lain yang menunjukkan fitur produk asli (misalnya no. seri, logo merek, atau gambar dari situs resmi produk).

Baca Juga: Waduh! Barang Sudah Dibuka Tapi Tak Sesuai, Apakah Bisa Dikembalikan ke Penjual Shopee? Berikut Penjelasan Soal Sistem Retur Pengiriman COD

Berikut adalah beberapa ketentuan untuk mengirimkan dokumen pendukung:

1. Batas ukuran file: 10 MB per foto, 30 MB (hingga 1 menit) per video.

2. Memberikan bukti berkualitas baik yang terlihat jelas (tidak buram/berpiksel).

3. Untuk produk yang rusak, sertakan foto/video secara dekat atau close-up untuk menunjukkan kerusakan/cacat dengan jelas.

4. Untuk pengembalian produk yang salah, sangat disarankan menyertakan bukti dalam bentuk video.

5. Berikan riwayat obrolan (chat) atau bukti lain yang menunjukkan negosiasi sebelumnya dengan Penjual, jika ada.

Untuk kasus non-penerimaan, Pembeli tidak diharuskan memberikan dokumen apa pun.

Shopee akan menghubungi Penjual dan mitra logistik untuk menyelidiki masalah tersebut.

Jika Penjual dapat memberikan bukti pengiriman yang sah atau barang masih dalam perjalanan, permintaan pengembalian barang/dana akan ditolak. Jika produk/barang hilang dalam perjalanan, total pembelian Pembeli akan dikembalikan.

Baca Juga: Denda dan Bunga Shopee Paylater Menumpuk, Langsung Lakukan Ini ke Pihak Shopee Untuk Minta Keringanan Pembayaran