Find Us On Social Media :

Ibu Ini Ngamuk Tak Pernah Pinjam Pinjol Legal Tapi Skor BI Checkingnya Anjlok

ibu ini tak terima datanya disalahgunakan bikin bi checking jelek

GridFame.id - 

BI Checking merupakan daftar riwayat kredit para debitur.

Dimana setiap masyarakat yang melakukan kredit atau pinjaman akan langsung tercatat.

Dalam BI Checking terdapat data seperti tenor yang diambil, jumlah pinjaman dan aplikasi atau bank apa saja pengajuan.

Skor BI Checking sangat penting bagi debitur yang ingin pengajuan pinjaman atau kredit di bank.

Nantinya debitur akan dinilai berdasarkan kelancaran pembayaran tagihan atau cicilannya.

Ketika lancar oitomatis akan mendapatkan skor bagus namun telat 1 hari saja sudah bisa membuat skor BI Checking berubah.

Cara cek BI Checking bisa anda baca disini Begini Cara Cek BI Checking Hanya Modal KTP dan HP Saja, Gak Ribet!

Selain itu cek BI Checking juga penting lantaran bisa mengetahui data anda disalahgunakan atau tidak.

Seperti yang terjadi oleh salah satu ibu ini.

Ia sempat syok saat tahun BI Checkingnya masuk skor 5 padahal tak pernah meminjam di aplikasi pinjol tersebut.

Baca Juga: Cukup 2 Cara Ini Bisa Bikin Skor BI Checking Aman

Cerita tersebut dibocorkannya dalam mediakonsumen.com.

Dalam ceritanya, ia mengaku datanya digunakan sebanyak dua kali dalam waktu yang bersamaan.

Padahal ia pribadi tak pernah sekalipun meminjam di pinjol legal tersebut.

Ketika cek dengan email, terbukti tak ada transaksi apapun ke pinjol tersebut.

Namun, saat dicek BI Checking sudah masuk ke dalam kol 5 yang jelas merugikan konsumen tersebut.

Nah, jika kejadian seperti ini apa yang harus dilakukan? Tentu anda bisa langsung menghubungi aplikasi pinjol yang bersangkutan.

Kemudian, anda juga bisa langsung mengirimkan aduan melalui email, surat hingga telepon call center OJK.

Jika Anda hendak mengajukan surat tertulis mengenai penyalahgunaan KTP yang sedang dialami, maka dapat mengirimkannya dengan tujuan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen yang beralamatkan di Menara Radius Prawiro, Lt2 Komplek Perkantoran Bank Indonesia Jalan MH. Thamrin No.2 Jakarta Pusat 10350.

Atau jika ingin mengadukannya kasus tersebut melalui email, maka Anda bisa melaporkan keluhan tersebut melalui konsumen@ojk.go.id sedangkan via call center dengan alamar 157 yang berlaku pada saat jam kerja.

Selain itu juga bisa mengadukannya kepada AFPI melalui email di pengaduan@afpi.or.id ataupun melalui situs resmi afpi.or.id

Cara terakhir yakni Anda bisa mengadukannya ke kantor polisi jika merasa mengalami kerugian baik material maupun immaterial.

Agar segera diproses Anda dapat mengumpulkan seluruh bukti teror, ancaman, intimidasi kemudian mengunjungi kantor polisi terdekat dan buat laporan ke kantor polisi.

Baca Juga: Nama Masuk ke BI Checking Kol 4, Apakah Masih Bisa Pengajuan Pinjaman di Bank?