Find Us On Social Media :

Tak Sengaja Makan sampai Kenyang dan Minum Banyak Bikin Puasa Langsung Batal? Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Hukumnya..

Ilustrasitak sengaja makan saat puasa

GridFame.id - Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari lagi.

Umat Muslim mulai bersiap menyambut bulan suci yang penuh keberkahan ini.

Di bulan Ramadhan, Umat Muslim berkewajiban menjalankan ibadah puasa.

Ketika melaksanakan ibadah puasa, tentu saja kita harus menaati aturan dan syarat yang ada supaya ibadah puasa kita berkah dan mendapatkan rahmat olehNya.

Puasa adalah ketika kita diharuskan untuk menahan hawa nafsu yang ada di dalam diri sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan niat karena Allah SWT.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa yang tengah kita jalani tersebut.

Misalnya, pada perempuan yang tengah berpuasa, tiba-tiba dia mengalami haid, maka batal lah puasa yang tengah dijalaninya tersebut.

Dalam bulan puasa, umat Muslim berkesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, dan berbagai tindakan yang dapat membatalkan puasa selama waktu yang telah ditentukan.

Dalam hal ini, puasa tidak hanya sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menahan diri dari segala bentuk tindakan yang dapat membatalkan puasa, seperti berbohong, berkata kasar, dan sebagainya.

Dengan menahan diri dari makan, minum, dan segala bentuk tindakan yang dapat membatalkan puasa selama waktu yang telah ditentukan, umat Muslim diajarkan untuk lebih sabar dan lebih tawakkal kepada Allah SWT.

Lalu bagaimana jika seseorang lupa dan makan minum di tengah puasa? Apakah langsung batal?

Baca Juga: Selama Ini Banyak yang Salah! Ternyata Begini Hukum Gosok Gigi di Siang Hari saat Bulan Ramadan, Benarkah Membatalkan Puasa?