GridFame.id - Barang pesanan yang diterima tidak sesuai atau rusak?
Tenang saja, Shopee memfasilitasi pengguna untuk mengajukan pengembalian.
Bahkan barang yang dibeli dengan SPaylater pun bisa dikembalikan.
Jaminan keamanan ini diberikan Shopee pada pembeli yang menerima barang tidak sesuai dengan yang tertera di toko.
Tentu saja pengembalian dana dilakukan jika pembeli memutuskan untuk retur barang.
Retur barang akan diterima apabila pembeli memberikan dokumen bukti sebagai pendukung.
Pembeli akan diminta untuk menyertakan foto dan/atau video produk yang menunjukkan kerusakan fisik (misalnya retak atau cacat).
Atau foto dan/atau video yang menunjukkan kondisi kemasan internal dan eksternal paket.
Untuk produk yang rusak, sertakan foto/video secara dekat atau close-up untuk menunjukkan kerusakan/cacat dengan jelas.
Sedangkan untuk pengembalian produk yang salah, sangat disarankan menyertakan bukti dalam bentuk video.
Pembeli juga diharapkan mengemas barang yang akan dikembalikan dengan cara beriktut ini.
Cara Mengemas Produk yang Akan Dikembalikan
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, Anda harus mengemas produk yang akan dikembalikan dengan aman dalam kemasan aslinya.
Seperti kotak karton atau polymailer dengan bubble wrap, untuk melindunginya dari kerusakan saat dikirim kembali ke Penjual/Gudang Shopee.
Jika kemasan asli rusak, Anda dapat menggunakan kemasan Anda sendiri untuk pengembalian paket.
Untuk barang yang mudah pecah, Anda disarankan untuk menggunakan stiker “This side up”, “Fragile”,atau “Handle with care” sebagai pengingat tambahan kepada kurir untuk menangani paket Anda dengan hati-hati.
Panduan pengemasan untuk paket yang akan dikembalikan ke Penjual atau Shopee
Pastikan bahwa produk dikembalikan dalam kondisi asli seperti saat diterima, lengkap dengan semua isinya, seperti:
1. Kemasan asli
2.Hadiah gratis
3. Garansi
4. Tag
5. Buku manual
6. Semua aksesori yang disertakan dengan produk
Untuk membantu Shopee memproses pengembalian produk lebih cepat, Anda dapat menyertakan catatan dalam paket dengan informasi berikut:
1. Username Shopee Anda
2. Nomor pesanan
3. Alasan pengembalian (contoh: bagaimana produk rusak, tidak berfungsi, atau berbeda dari yang Anda pesan).
Shopee tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada paket yang Anda kembalikan karena pengemasan yang tidak sesuai standar.
Harap perhatikan bahwa paket Anda mungkin melewati beberapa titik kontak selama pengiriman (contoh: pemuatan, pembongkaran, atau penyortiran) dan paket tersebut harus dikemas sesuai standar untuk menghindari kerusakan dalam proses pengiriman.