Find Us On Social Media :

Tinggal Hitung Hari Menuju Lebaran, Begini Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Hingga Seluruh Keluarga

ilustrasi, Besaran Zakat Fitrah 2023

GridFame.idZakat fitrah adalah ibadah wajib untuk para muzakki pada bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Pembayaran zakat ini harus dilakukan paling lambat sebelum solat Idul Fitri dilaksanakan. Zakat fitrah ini memiliki perbedaan dari zakat dan sedekah lainnya karena hanya dibayarkan satu tahun sekali. Hukum zakat sendiri tertuang dalam Quran Surat At-Taubah ayat 103 yang berbunyi: “Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka. Dan, berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu memberikan ketenteraman jiwa untuk mereka. Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” Dari surat tersebut, fungsi zakat fitrah akan menyucikan harta yang dimiliki oleh mereka yang mampu. Pasalnya, ada hak orang lain yang terkandung di dalam setiap harta yang dimiliki. Nilai dari zakat fitrah pun tetap dan selalu sama, yaitu sebesar satu sha’. Jika dikonversikan ke dalam beras, nilainya adalah 3,5 liter beras dan jika menggantinya dengan bahan pokok lain, nilainya pun akan menjadi 2,5 kilogram per masing-masing nilai zakat.

Sebelum bayar zakat, simak dulu doa dan bacaan niat zakat fitrah berikut ini.

Baca Juga: Bagaimana Hukumnya Mau Zakat Tapi Masih Punya Utang Apalagi Sudah Lewat Jatuh Tempo? Simak Jawabannya di Sini

Doa dan Bacaan Niat Zakat Fitrah

Dilansir dari laman resmi zakat.or.id, begini bacaan niat zakat fitrah sesuai kebutuhan: 

1. Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

2. Zakat Fitrah untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

Baca Juga: Jangan sampai Bayar di Waktu Haram! Begini Cara Bayar Zakat Fitrah Online Lewat LinkAja, Bebas Pilih Amil Zakat

3. Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki – Laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”