Find Us On Social Media :

Diduga Jadi Penyebab Banyak Owner Skincare Mendadak Kaya, Apa Itu Money Laundering?

GridFame.id - Salah satu fenomena yang jadi sorotan banyak orang adalah sosok owner brand skincare yang mendadak muncul memamerkan kekayaannya di media sosial.

Padahal, merk skincare mereka tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

Namun kelihatannya mereka sudah sangat sukses menjual skincare hingga memiliki rumah mewah dan suka berbagi kepada masyarakat sekitar.

Banyak yang kemudian menduga kalau bisnis skincare tersebut adalah hasil dari money laundering atau pencucian uang.

Pencucian uang adalah proses kompleks dan rahasia yang digunakan oleh individu, organisasi, atau bahkan pemerintah untuk menyamarkan asal-usul dana yang diperoleh secara ilegal, sehingga tampak sah.

Praktik ilegal ini merupakan ancaman serius terhadap sistem keuangan global, karena memungkinkan para pelaku kejahatan untuk menikmati hasil kejahatan mereka tanpa menarik kecurigaan.

Pencucian uang adalah proses mengubah uang "kotor" – dana yang diperoleh melalui kegiatan kriminal seperti perdagangan narkoba, korupsi, penipuan, atau cara lain yang ilegal – menjadi uang "bersih" dengan tampilan sah.

Tujuan utamanya adalah menjauhkan dana ilegal dari sumbernya, sehingga sulit bagi otoritas untuk melacak dan menghubungkannya kembali dengan kegiatan kriminal.

Tahapan Pencucian Uang:

1. Placement

Pada tahap ini, dana ilegal dimasukkan ke dalam sistem keuangan.

Baca Juga: Cicilan KPR Belum Lunas tapi Butuh Pinjaman? Begini Cara Mengajukan Refinancing di BCA