Find Us On Social Media :

Lebih Baik Jadi Dropshipper atau Buka Franchise Jika Ingin Bisnis dengan Modal Kecil?

antara franchise dan dropshipper

GridFame.id - Bingung ingin berbisnis membuka franchise atau dropshipper?

Franchise adalah sebuah model bisnis di mana pemilik merek atau pemegang lisensi memberikan hak kepada individu atau perusahaan lain (franchisee).

Tujuannya untuk menjalankan usaha dengan menggunakan merek dagang, sistem operasional, dan dukungan yang telah ditentukan oleh pemilik merek tersebut.

Franchisee membayar biaya kepada pemilik merek untuk hak ini, yang bisa berupa biaya awal, royalti, atau pembayaran periodik lainnya.

Sedangkan, Dropshipper adalah individu atau perusahaan yang menjual produk kepada konsumen tanpa perlu menyimpan barang fisik.

Ketika seorang dropshipper menerima pesanan dari konsumen, mereka akan membeli produk tersebut dari pemasok atau produsen, yang kemudian akan mengirimkan produk langsung ke konsumen tanpa melalui dropshipper.

Dalam proses ini, dropshipper bertindak sebagai perantara antara pemasok dan konsumen, dengan mengambil keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

Keduanya sama-sama jalan yang tepat untuk terjun ke dunia bisnis.

Namun, bagaimana jika hanya memiliki modal kecil untuk berbisnis?

Lebih baik menjadi dropshipper atau membuka franchise dengan modal kecil?

Berikut adalah penjelasan panjang mengenai keduanya.

Baca Juga: Bakal Laris Manis Saat Bulan Ramadhan! Begini Cara Buka Franchise Warmindo Kekinian dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta