Find Us On Social Media :

Cara Tes dan Imunisasi HPV DNA Gratis di Puskesmas Seluruh Jakarta

GridFame.id - Seluruh Puskesmas di DKI Jakarta mengadakan program tes HPV DNA gratis untuk mendeteksi kanker serviks pada wanita.

Pemeriksaan HPV DNA adalah prosedur tes berbasis molekuler untuk mencari tanda-tanda infeksi human papilloma virus (HPV) tipe berisiko tinggi.

Infeksi HPV ini dapat memicu perubahan abnormal pada sel leher rahim atau serviks yang berpotensi menjadi kanker serviks.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kesehatan Daerah, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr Verry Adrian mengatakan, program pemerintah ini digelar di seluruh puskesmas yang ada di DKI Jakarta.

Tidak hanya tes HPV DNA, puskesmas juga melakukan pemeriksaan skrining menggunakan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

"Jadi sekali diperiksa seorang wanita akan mendapatkan dua hasil pemeriksaan, yaitu hasil pemeriksaan HPV DNA dan hasil pemeriksaan IVA," ujar Verry, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/5/2024).

Syarat dan Cara Tes HPV DNA Gratis di Puskesmas Jakarta

Verry menjelaskan, dua tes deteksi kanker leher rahim gratis terbuka untuk setiap wanita yang memenuhi syarat.

Berikut sejumlah syaratnya:

Tes HPV DNA dan IVA untuk menemukan kanker serviks di Jakarta tidak dipungut biaya selama 2024.

Hasil skrining kanker dengan metode IVA sendiri akan langsung keluar dan dapat dilihat peserta pada hari yang sama.

Baca Juga: Info Biaya Cek Lab di Puskesmas Terbaru 2024 Untuk Gula Darah Sampai Kolesterol

Sementara itu, hasil pemeriksaan HPV DNA harus menunggu 1-2 minggu karena spesimen perlu diperiksa dengan alat polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.