GridFame.id – LG Electronics (LG) pada Rabu (29/5) meluncurkan kampanye global bertajuk “Optimism Your Feed” dalam rangka menyebarkan optimisme di media sosial.
Melalui kampanye ini, LG mengajak pengguna media sosial untuk lebih terlibat dalam mendorong konten positif dan inspiratif yang muncul pada homepage atau feed media sosial mereka.
"Sebagai brand yang berfokus pada pelanggan, LG berkomitmen mengembalikan rasa optimisme ke dalam hidup masyarakat melalui kegiatan positif, baik secara online maupun offline,” ujar Kim Hyo-eun, Vice President and Head of LG’s Brand Management Division.
Di era AI ini, lanjut Kim, LG tetap teguh pada janjinya untuk menciptakan kehidupan yang baik, sejalan dengan moto “Life’s Good” yang diusungnya.
“Kami akan meningkatkan kehidupan pelanggan dengan menerapkan pendekatan yang manusia sentris, serta menumbuhkan harapan yang lebih baik bagi masa depan," imbuh Kim.
Baca Juga: Ternyata Ini 5 Hal yang Tak Dibeli Orang Kaya, Nomor 3 Pasti Banyak yang Kesentil!
Baca Juga: Simak 5 Jenis-jenis KPR yang Harus Nasabah Ketahui, Pahami Terlebih Dahulu!
Media Sosial Tak Hanya Sumber Hiburan Tapi Juga Kecemasan
Survei global terbaru yang dilakukan LG menunjukkan, media sosial kini tak hanya digunakan untuk mencari hiburan, informasi, dan terhubung dengan kerabat dan keluarga.
Tetapi juga menjadi sumber kecemasan banyak masyarakat.
Menurut survei global tersebut, hampir separuh responden (45 persen) mengatakan, jumlah konten negatif pada feed media sosial sama dengan atau lebih banyak dibandingkan konten positif.
Satu dari empat responden (28 persen) menyatakan, konten negatif di media sosial sering meningkatkan rasa kecemasan.
Satu dari lima (20 persen) responden bahkan menyebutkan, konten negatif menimbulkan rasa tidak bahagia.
Lebih lanjut, survei ini menunjukkan, algoritma sering membawa netizen ke arus percakapan yang lebih negatif dan cenderung niche.
Survei global ini dilakukan bertujuan untuk memahami cara kerja algoritma dan memicu perputaran konten positif di laman feed netizen.
Dari survei tersebut, LG kemudian menciptakan playlist “Optimism Your Feed” yang terdiri dari konten original yang dapat ditonton masyarakat.
Sehingga secara tak langsung mengubah algoritma agar lebih mendorong konten yang lebih optimis ke dalam feed (berdasarkan survei global yang dilakukan Dynata, bagian dari LG pada 2024).
Playlist “Optimism Your Feed” ini merupakan bagian dari kampanye global Life’s Good LG yang diluncurkan tahun 2023 lalu, untuk menginspirasi dan mendorong masyarakat menjalani hidup dengan sikap optimis.
Dalam kampanye ini, LG juga berkolaborasi dengan berbagai influencer TikTok internasional ternama, seperti Tina Choi, Victoria Browne, Josh Harmon dan masih banyak lagi.
Para influencer ini membuat lebih dari 20 video pendek yang motivasional, menyenangkan, dan menumbuhkan rasa senang.
Selain itu, LG berkonsultasi dengan berbagai pakar media sosial, salah satunya Profesor Casey Fiesler, yang merupakan seorang information scientist dan technology ethicist bergelar PhD di bidang Human Centered Computing.
Profesor Fiesler melakukan riset dan mengajar di bidang etika teknologi, kebijakan internet, dan komunitas online.
Ia pun telah menerbitkan buku mengenai social media content moderation dan recommender systems.
Profesor Fiesler pun seorang content creator yang aktif mengedukasi masyarakat tentang berbagai topik tersebut.
Baca Juga: 3 Penyebab Umum Pengusaha Pemula Sering Kehabisan Modal di Awal
Media Sosial Telah Menjadi Bagian Penting Kehidupan
Media sosial telah menjadi bagian penting dalam hidup masyarakat. Di dalamnya ada algoritma yang dapat mengubah konten ataupun video yang kita lihat.
Playlist dan kampanye global LG bertujuan memberi kesempatan agar pengguna dapat mengonsumsi lebih banyak konten positif yang membangkitkan semangat.
Dengan meningkatkan kesadaran untuk lebih selektif dalam konten yang diikuti, kita dapat mengembalikan optimisme, keseimbangan, dan kebahagiaan dalam kehidupan kita.
Profesor Fiesler mengatakan, “Algoritma rekomendasi akan menentukan konten yang muncul pada homepage atau feed di media sosial kita.”
Algoritme ini dapat memprediksi berdasarkan jenis konten yang sudah kita tonton, yang kita berikan likes, atau comments sebelumnya.
Oleh karena itu, algoritme ini pun dapat membawa kita ke dalam rabbit hole, yaitu situasi di mana kita terjerat dengan topik tertentu.
Hal ini bisa berdampak baik atau pun buruk, tergantung pada topiknya.
Namun, berdasarkan studi, pengguna media sosial dapat masuk ke lubang negatif dan menemukan konten berbahaya saat berselancar di dunia maya apabila ini tidak dikontrol.
Salah satu lini pertahanan pertama adalah meningkatkan literasi digital kita dan memahami cara kerja algoritme di media sosial.
Para pengguna media sosial pun dapat berkontribusi dan berinteraksi dengan konten yang optimis, seperti memberi likes atau comments.
“Hal ini akan mengubah algoritmenya sehingga ia akan memberi rekomendasi konten yang lebih positif ke depannya,” imbuh Profesor Fiesler.
Baca Juga: Mulai 1 Juni Beli Gas Elpiji 3 Kg Harus Pakai KTP, Gimana Kalau Beli di Warung?
Baca Juga: Gaji Karyawan Makin Tipis Dipotong 2,5%! Ternyata Ini Manfaat Tapera dan Syarat Pencairannya
Algoritma Memengaruhi Konten yang Dilihat
Victoria Browne, seorang influencer global asal Inggris dan pembicara TEDx Talk, mengatakan, “Algoritma ini dapat memengaruhi konten yang kita lihat saat berselancar di media sosial.”
Apabila konten yang ditampilkan cenderung negatif, lanjutnya, tentu akan berdampak pada kesehatan mental kita.
Oleh karena itu, Victoria mengaku antusias menjadi bagian dari kampanye Optimism Your Feed.
Ia berharap banyak orang yang menonton konten dalam playlist “Optimism Your Feed”.
Sehingga secara tak langsung mengubah algoritme media sosialnya dan menciptakan rasa positif di kehidupannya.
Tanpa kita sadari, kesehatan mental kita dapat dipengaruhi oleh banyak hal yang tak kasat mata.
Dengan kampanye ini, ia mendorong masyarakat untuk kembali terhubung dengan kerabat tercinta dan saling membantu satu sama lain.
“Kita harus mengubah algoritma ini agar selalu merekomendasikan konten yang membuat kita merasa lebih akrab, bukan malah berjauhan,” ujar Victoria.
Playlist “Optimism Your Feed” dapat ditemukan di channel TikTok resmi LG (@lge_lifesgood) dan channel YouTube (@LGGlobal).
Playlist ini juga akan disebarkan ke berbagai media sosial melalui kolaborasi bersama influencer di seluruh dunia.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye ini, silahkan kunjungi (lg.com/lifesgood).