GridFame.id- Ini langkah mudah klaim saldo GoPay jika akun atau smartphone hilang.
Seperti diketahui GoPay adalah layanan dompet digital yang dikembangkan oleh perusahaan transportasi GoJek.
GoPay mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi dalam aplikasi GoJek.
Namun apa jadinya, jika tiba-tiba saldo hilang secara misterius?
Mungkin kondisi seperti ini sangat jarang terjadi, namun beberapa orang yang lain sempat mengalami kehilangan saldo GoPay.
Bisa jadi karena hal di luar kendali seperti akun diretas, diambil alih, maupun smartphone yang hilang.
Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami kejadian saldo GoPay yang tiba-tiba hilang jangan panik dulu.
Silahkan simak penjelasan di bawah ini.
Bisa klaim saldo
Saldo GoPay yang hilang bisa kembali didapatkan oleh pengguna.
Kendati demikian, tidak semua pengguna dapat dengan mudah mengklaim saldo yang hilang.
Terdapat catatan tertentu unntuk klaim saldo GoPay yang hilang. Hal ini diungkap oleh Head of Corporate Communication GoPay Winny Triswandhani.
Ia mengatakan layanan ini hanya berlaku bagi pengguna GoPay Plus.
“Jadi uang sudah terverifikasi KYC,” ujar Winny mengutip Kompas (28/10/2021)
Selain itu, pengguna yang terlindungi dalam jaminan saldo kembali harus telah mengaktifkan kode PIN untuk otentikasi transaksi GoPay sebelum kasus terjadi. Klaim saldo dapat dilakukan melalui aplikasi.
Baca Juga: Info Terbaru Oktober! Scan PeduliLindungi Kini Bisa Melalui Gojek dan Shopee, Berikut Caranya
Lantas bagaimana cara klaim saldo GoPay yang hilang?
Cara klaim saldo GoPay yang hilang
Mengutip melalui laman resmi GoJek, berikut cara mengklaim saldo GoPay yang hilang dikarenakan aktivitas di luar kendali pengguna:
1. Buka aplikasi, pada halaman utama klik Eksplor atau Explore;
2. Klik menu Plus;
3. Pilih menu Jaminan Saldo Kembali atau Money Back Guarantee;
4. Klik tombol Ajukan Klaim atau Claim Refund;
5. Isi formulir secara lengkap untuk mempercepat proses investigasi;
6.Cek perkembangan proses klaim melalui My Tickets di halaman utama aplikasi Gojek;
Nantinya pengguna akan dimintai data seperti tipe saldo yang hilang, nominal saldo yang hilang, tanggal dan waktu kehilangan, nomor seluler yang digunakan saat kehilangan, hingga nama sesuai e-KTP.
Klaim tidak berlaku
Klaim bisa jadi tidak berlaku karena beberapa hal diantaranya:
1. Dokumentasi tidak lengkap atau bukti yang dilampirkan tidak memenuhi persyaratan.
2. Kehilangan saldo disebabkan karena kelalaian konsumen atas keamanan akun Gojek/GoPay atau kasus penipuan (termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan akun yang disebabkan pemberian kode OTP kepada pihak ketiga manapun dan/atau melakukan pembayaran di luar aplikasi Gojek) dan/atau korban phishing.
3. Pengguna yang terindikasi dengan aktivitas mencurigakan termasuk fraudulent behaviour/abusive behaviour/scam/order fiktif.
Sebagai informasi pengguna yang akan melakukan klaim setidaknya telah melakukan transaksi selama 60 hari terakhir.
Adapun klaim saldo yang hilang dapat dilakukan hingga 60 hari sejak kejadian.
Setiap kehilangan saldo, maka akan dikembalikan sebesar 100 persen sesuai nominal awal GoPay dan GoPayLater.
***
Source | : | kompas,gojek |
Penulis | : | Nabilah Hermawati |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar