GridFame.id - Barang yang datang tidak sesuai?
Jika mendapati barang rusak, pecah atau tidak sesuai pesanan, jangan dulu panik.
Tenang, Shopee memfasilitasi pengguna untuk mengajukan pembatalan pesanan dan pengembalian dana.
Tentunya ada syarat dan ketentuan untuk melakukan pembatalan dan pengembalian.
Fasilitas pembatalan dan pengembalian berlaku untuk semua metode pembayaran yang dipilih.
Shopee juga memiliki program yang mendukung pengembalian barang di tempat untuk pesanan dengan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat).
Akan tetapi fitur ini berlaku khusus jasa kirim Shopee Xpress Hemat, Shopee Xpress Sameday, dan Shopee Xpress Standard, yaitu program COD Cek Dulu.
Untuk proses pembatalan pesanan Shopee, ada beberapa jenis yang harus diketahui.
Tentunya disesuaikan dengan jenis barang dan waktu pengiriman.
Apa saja?
Simak informasi lengkapnya berikut ini.
Baca Juga: Jangan Sampai Tak Bisa Diakses dan Dibobol Penipu, Begini Cara Ganti Email Baru di Akun Shopee
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, ada 3 jenis pembatalan pesanan yang tersedia di Shopee:
Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli sebelum Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, tanpa perlu menunggu respons dari Penjual.
Setelah Pembeli memilih Batalkan Pesanan di aplikasi, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis.
Pembatalan Instan dapat dilakukan oleh Pembeli dalam waktu:
- 1 (satu) jam setelah pembayaran terverifikasi, selama Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, untuk tipe layanan pengiriman Instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, Anteraja Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.
Source | : | Shopee |
Penulis | : | Nindy Nurry Pangesti |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar