GridFame.id - Barang yang datang tidak sesuai?
Jika mendapati barang rusak, pecah atau tidak sesuai pesanan, jangan dulu panik.
Tenang, Shopee memfasilitasi pengguna untuk mengajukan pembatalan pesanan dan pengembalian dana.
Tentunya ada syarat dan ketentuan untuk melakukan pembatalan dan pengembalian.
Fasilitas pembatalan dan pengembalian berlaku untuk semua metode pembayaran yang dipilih.
Shopee juga memiliki program yang mendukung pengembalian barang di tempat untuk pesanan dengan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat).
Akan tetapi fitur ini berlaku khusus jasa kirim Shopee Xpress Hemat, Shopee Xpress Sameday, dan Shopee Xpress Standard, yaitu program COD Cek Dulu.
Untuk proses pembatalan pesanan Shopee, ada beberapa jenis yang harus diketahui.
Tentunya disesuaikan dengan jenis barang dan waktu pengiriman.
Apa saja?
Simak informasi lengkapnya berikut ini.
Baca Juga: Jangan Sampai Tak Bisa Diakses dan Dibobol Penipu, Begini Cara Ganti Email Baru di Akun Shopee
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, ada 3 jenis pembatalan pesanan yang tersedia di Shopee:
Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli sebelum Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, tanpa perlu menunggu respons dari Penjual.
Setelah Pembeli memilih Batalkan Pesanan di aplikasi, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis.
Pembatalan Instan dapat dilakukan oleh Pembeli dalam waktu:
- 1 (satu) jam setelah pembayaran terverifikasi, selama Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, untuk tipe layanan pengiriman Instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, Anteraja Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.
- Kapan pun sebelum Penjual belum mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, untuk tipe layanan pengiriman Next Day (JNE YES dan SiCepat BEST), Reguler (Shopee Xpress Standard, J&T Express, SiCepat REG, Anteraja Reguler, Ninja Xpress, ID Express, JNE Reguler, PosAja!), Hemat (Shopee Xpress Hemat, J&T Economy, SiCepat HALU, Anteraja Economy), Kargo (JNE JTR, SiCepat Gokil, J&T Kargo), dan Ambil di Tempat (Indopaket (Ambil di Indomaret), J&T Jemari, Agen Shopee, dan Shopee Xpress Point).
Pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli dengan menunggu respons Penjual terlebih dahulu.
Baca Juga: Simak Ini Dia Cara Klaim Asuransi Rawat Inap di Shopee dan Durasi Masa Tunggu Pencairan Dana
Pembeli dapat memilih Batalkan Pesanan di aplikasi dan menunggu respons Penjual dalam waktu 1x24 jam.
Jika Penjual tidak memberikan respons, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam waktu 1x24 jam berikutnya.
Pembatalan Non-Instan dapat dilakukan oleh Pembeli untuk semua jasa kirim setelah Penjual mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi, selama paket belum diterima oleh jasa kirim.
Pembatalan Non-Instan akan diberlakukan jika Pembeli membatalkan pesanan lewat dari 1 (satu) jam setelah pembayaran terverifikasi walaupun Penjual belum mengatur pengiriman, khusus untuk tipe layanan pengiriman Instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, Anteraja Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), PosAja!, Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.
Pesanan akan otomatis dibatalkan apabila:
- Penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan no. resi dalam rentang waktu Masa Pengemasan (Dikirim dalam) yang diperbolehkan.
- Penjual tidak log in ke aplikasi Shopee selama 7 (tujuh) hari sejak Pembeli membayar pesanan.
- Penjual tidak menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pick up pesanan/mengantarkan paket ke counter jasa kirim, sehingga resi pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 (dua) hari sejak Masa Pengemasan (Dikirim dalam) berakhir.
Baca Juga: Terlanjur Galbay Shopee Paylater? Berikut Cara Menghadapi Teror DC Shopee
Source | : | Shopee |
Penulis | : | Nindy Nurry Pangesti |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar