GridFame.id – Dinamisnya perkembangan tren belanja masyarakat saat ini menjadikan pengalaman belanja bukan lagi sekadar kegiatan fungsional.
Melainkan juga menjadi sebuah pengalaman penuh daya tarik yang menyenangkan.
Guna mewujudkan hal ini, Shopee menghadirkan fitur interaktif, Shopee Live guna menghubungkan lebih dekat para pengguna melalui pengalaman belanja penuh interaksi dan konten visual.
Melihat pencapaian semester pertama tahun ini, fitur interaktif Shopee Live kian mendapatkan tempat di hati pengguna sebagai kanal pembelian favorit.
Pencapaian luar biasa ini pun berhasil berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan UMKM dan brand lokal dalam memperbanyak pintu kesempatan bagi produk lokal dalam memperluas jangkauannya.
Menyambut semester pertama tahun ini, Shopee mencatatkan peningkatan penjualan produk UMKM dan brand lokal lebih dari 13x lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu.
Turut Dorong Pertumbuhan Ekonomi Negara
Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan “Sejak hadir beroperasi di Indonesia, Shopee mendedikasikan segenap inovasi berkelanjutan.”
Tujuannya, ujar Monica, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara melalui pilar UMKM dan brand lokal.
Melihat capaian positif di semester awal tahun ini, katanya, Shopee bangga melihat kinerja pertumbuhan para pelaku UMKM dan brand lokal yang semakin piawai.
Terutama dalam mengembangkan kehadiran fitur interaktif sebagai kanal alternatif utama penjualan mereka.
Kini, kata Monica, kita dapat melihat meningkatnya jumlah pelaku UMKM dan brand lokal yang berhasil mencapai potensi bisnis maksimal.
Hal ini sejalan dengan semakin tingginya antusiasme dan permintaan pengguna terhadap produk lokal.
“Tentunya, pencapaian luar biasa ini tak terlepas dari dukungan dan sinergi seluruh ekosistem Shopee dalam menciptakan dampak positif yang luas,” imbuh Monica.
Fitur interaktif Shopee Live telah berkontribusi terhadap pertumbuhan UMKM dan brand lokal secara signifikan.
Yakni sebanyak 95% UMKM dan brand lokal yang telah bergabung di ShopeeLive sejak tahun lalu mengalami peningkatan transaksi signifikan di awal tahun ini.
Hal ini dapat dilihat dari beragam kisah sukses brand lokal, seperti brand fashion tas lokal Les Catino, serta brand kecantikan lokal Azarine Cosmetic yang berhasil meningkatkan performa memanfaatkan fitur Shopee Live.
Transformasi Cara Berbisnis dengan Fitur Shopee Live
Jason Marcel Chendrawan, Direktur Les Catino, brand lokal tas yang telah hadir di Indonesia sejak 1992, turut merasakan peningkatan performa bisnis selama memanfaatkan fitur Shopee Live.
Tercatat lonjakan transaksi hingga lebih dari 60x lipat di semester awal 2024, yang mendorong perluasan jangkauan bisnis hingga mampu membuka peluang dan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.
Kehadiran fitur Shopee Live pun telah mentransformasi cara Les Castino berbisnis.
Sebagai brand lokal yang selalu ingin menghadirkan tren terbaru bagi konsumen, Shopee Live telah menjembatani produk dengan kebutuhan dan keinginan pasar, bahkan berhasil membangun loyalitas yang kuat.
“Saya ucapkan terima kasih Shopee telah menjadi mitra setia perjalanan bisnis para pelaku usaha lokal. Semoga Shopee bisa terus mendorong kami mencapai kesuksesan yang lebih besar,” kata Jason.
Sama halnya dengan Cella Vanessa, CEO Azarine Cosmetic, fitur Shopee Live telah memberi dampak positif yang signifikan pada bisnisnya.
Menurut Cella, “Live stream ini telah memberi warna baru bagi strategi bisnis kami.”
Sejak bergabung dan memanfaatkan Shopee Live sebagai salah satu kanal penjualan, imbuhnya, begitu banyak aspek positif yang pihaknya rasakan.
Bahkan dalam perjalanan di tahun 2024, Azarine berhasil mencatatkan hingga 32x lipat lonjakan transaksi yang begitu nyata.
Interaksi langsung dengan pelanggan membuat pihaknya bisa memberi pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menarik.
“Banyaknya jangkauan penonton yang memang bertujuan berbelanja saat membuka aplikasi Shopee juga menjadi alasan utama kami memilih berkembang bersama Shopee Live,” imbuh Cella.
Dampak Positif yang Signfikan Bagi Insan Pelaku UMKM
Shopee percaya, kata Monica, melalui kerja keras dan kolaborasi strategis, dapat membawa dampak
positif yang signifikan bagi seluruh insan pelaku UMKM, serta tentunya para pengguna.
Shopee, kata Monica, akan bertekad terus menjadi garda terdepan dalam memajukan industri UMKM dan brand lokal di Tanah Air.
“Sekaligus bersinergi mewujudkan misi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui ekosistem digital yang inklusif," tutup Monica.
Penulis | : | Intan Yusan S |
Editor | : | Intan Yusan S |
Komentar