Find Us On Social Media :

Ancaman Baru Dunia Varian Baru Covid-19 Terdeteksi Dinilai Lebih Ngeri dan Menular

Ancaman baru dunia: Varian Covid-19 terbaru terddeteksi di Inggris

GridFame.id – Indonesia harus benar-benar waspada akan varian Covid-19 yang terus bermutasi hingga saat ini.

Omicron belum juga dapat teratasi dengan baik kini muncul varian anyar di Inggris yang diungkap Organisasi Kesehatan Dunia (WH) dalam laporan terbarunya.

Mutasi baru ini dikenal dengan sebutan XE, yang dinilai lebih mengerikan daripada jenis Covid-19 yang lain termasuk Omicron.

Perlu diketahui, XE sendiri adalah ‘rekombinan’ atau mutasi varian BA.1 dan BA.2 varian Omicron.

Dirangkum dari NDTV oleh tim GridFame.id, seorang ahli Inggris dalam makalah yang terbit di British Medical Journal mengatakan bahwa varian ini bisa terjadi akibat percampuran dari beberapa varian Covid-19.

Varian ini terjadi dan dapat muncul saat seseorang pasien terinfesksi oleh beberapa varian Covid-19  hingga akhirnya mencampur dan membentuk mutasi baru,

Parahnya, pihak WHO mengungkap bahwa mutase baru ‘XE’ ini dikatakan akan lebih menular dengan presentase 10 persen dari subvariant Omicron BA.2.

“Mutan baru, yang disebut XE mungkin lebih menular daripada jenis Covid-19 apapun,” ujarnya WHO.

“Perkiraan awal menunjukkan ada peningkatan kasus di masyarakat sebesar 10 persen dibandingkan dengan BA.2. Namun, temuan ini memerlukan konfirmasi lebih lanjut,” imbuhnya.

 Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Pemerintah Tidak Menggunakan Sinovac Untuk Vaksin Booster

 

Sementara itu Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman mengatakan varian XE adalah varian XE adalah varian yang berasal dari struktur protein Omicron atau B.1.1.529