Find Us On Social Media :

Jangan Kira Freelancer Bebas Pajak, Ini Daftar Profesi yang Kena PPh

Pajak Penghasilan PPh

GridFame.idPajak penghasilan adalah jenis pajak yang dikenakan oleh pemerintah pada penghasilan yang diperoleh individu, perusahaan, atau entitas lain dari berbagai sumber.

Seperti gaji, pendapatan bisnis, investasi, atau sumber lainnya.

Pajak ini merupakan salah satu sumber utama pendapatan bagi pemerintah untuk membiayai berbagai program dan layanan publik.

Seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan keamanan.

Pajak penghasilan biasanya diatur oleh undang-undang pajak yang berlaku di suatu negara dan dapat bervariasi dalam hal tarif pajak, penghasilan yang dikenakan pajak, serta berbagai keringanan pajak dan insentif.

Tarif pajak penghasilan juga dapat berbeda antara individu dan perusahaan, serta tergantung pada jumlah penghasilan yang diterima.

Di sebagian besar negara, pajak penghasilan dipotong langsung dari penghasilan yang diterima oleh pembayar pajak

Baik secara otomatis oleh majikan (untuk karyawan) maupun oleh pembayar pajak sendiri (melalui pembayaran pajak tahunan atau estimasi).

Pajak penghasilan juga sering kali dilengkapi dengan berbagai aturan dan ketentuan terkait dengan pelaporan penghasilan, pemotongan pajak, penghindaran pajak, dan penegakan hukum pajak.

Pajak penghasilan merupakan instrumen penting dalam sistem perpajakan suatu negara untuk mengumpulkan dana yang diperlukan untuk membiayai kegiatan pemerintah dan mendistribusikan beban pajak secara adil di antara warga negara.

Simak ini daftar profesi yang kena PPh.

Baca Juga: Bagaimana Jika Status Lapor Pajak SPT Tahunan Kurang Atau Lebih Bayar?