GridFame.id - Beberapa waktu terakhir jagat maya dihebohkan dengan internet IndiHome yang tak bisa digunakan.
Tak sedikit warganet yang bertanya mengenai kompensasi yang akan didapat pelanggan IndiHome akibat terganggunya layanan internet.
Keluhan tersebut disampaikan warganet melalui akun Twitter @.indihomecare dan pihak ya memberikan sejumlah tanggapan.
Salah satu tanggapan yakni dengan membalas cuitan akun @lavendrbangtan.
Akun resmi @.indihomecare menyampaikan permintaan maaft sekaligus memberikan penjelasan terkait kompensasi dari IndiHome.
“Hai, Sobat. Maaf atas ketidaknyamananya. Namun saat ini pemeliharaan jaringan sudah selesai dilakukan, silahkan dicoba kembali koneksi jaringannya,” tulis akun @.indihomecare dalam cuitannya.
“Lalu untuk kompensasi akan diberikan apabila pemeliharaan jaringan terjadi lebih dari 3x24 jam,” sambungnya.
Menanggapi hal tersebut PT Telkom Indonesia akan memberikan kompensasi alias ganti rugi.
Hal tersebut disampaikan Vice President Marketing Management Telkom, E.Kurniawan yang menjelaskan pada prinsipnya Telkom akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai denga segmen pelanggan IndiHome.
“Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberi kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Kompas Tv (24/9/2021).
Dirinya menambahkan, kenyamanan pelanggan IndiHome adalah prioritas utama.
Untuk itu pihaknya akan teus memperbaiki layanan yang sempat terganggu selama beberapa hari.
Kurniawan menjelaskan setidaknya ada 3 Jenis kompensasi yang kaan ditawarkan ke para pelanggan IndiHome.
Pertama, mengenai ganti rugi sesuai kontak berlangganan.
Meski begitu, Kurniawan tak merinci secara keseluruhan bagaiman skema dan perhitungan kompensasi dalam kontrak tersebut.
Baca Juga: Heboh Internet IndiHome Gangguan! Telkomsel Selidiki Penyebab hingga Wilayah yang Terdampak
Kedua, mengenai kompensasi yang diberikan dalam bentuk bebas denda keterlambatan pembayaran.
Lalu yang terakhir kompensasi lewat batas waktu pembayaran tagihan bulan terakhir yang diperpanjang.
“Terkait dengan pembayaran tagihan Indihome, Telkom akan meberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021,” jelasnya.
Seperti diketahui, gangguan internet kabel fiber optic IndiHome terjadi hampir merata di seluruh Indonesia.
Masalah tersebut hampir menyebabkan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua menjadi terganggu.
Gangguan yang terjadi diakibatkan karena adanya masalah pada kabel bawah laut Jasuka (Jawa Sumatra Kalimantan) lebih tepatnya di ruas Batam-Pontianak.
Bukan hanya berimbas pada layanan jaringan IndiHome saja, kerusakan pada jaringan kabel bawah laut juga berdampak pada jaringan internet pada operator Telkomsel.
Selain perbaikan kabel bawah laut Jasuka, sebagai solusi sementara Telkom Indonesia sudah mengalihkan jaringan kabel fiber optic di ruas Jasuka yang mengalami kerusakan.
***
Source | : | kompas,Kompas TV,Twitter |
Penulis | : | Nabilah Hermawati |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar