GridFame.id - Apakah Anda punya utang bank atau pinjol saat ini?
Kalau iya, apakah Anda punya tunggakan utang sampai berbulan-bulan?
Biasanya, bank atau pinjol bakal mengirimkan debt collector jika debiturnya menunggak bayar utang lebih dari 3 bulan.
Bagi yang belum tahu, debt collector adalah orang atau perusahaan yang diberi tugas untuk menagih hutang oleh kreditur.
Umumnya, debt collector atau DC bakal melakukan penagihan secara langsung ke alamat debitur.
Dalam menjalankan tugasnya, debt collector harus mengikuti aturan dan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Sayangnya, masih banyak sekali debt collector resmi yang tidak menaati aturan tersebut.
Sehingga, banyak debitur yang merasa tidak mendapat haknya sebagai konsumen.
Namun tenang saja karena Anda bisa melaporkan DC ke pihak berwajib jika menjalankan tugas tidak sesuai aturan.
Lantas, apa saja aturan yang harus ditaati debt collector saat melakukan penagihan?
Simak sampai habis, yuk!
Baca Juga: Pengalaman Telat Bayar Tagihan Shopee Paylater Baru 2 Bulan, Langsung di Datangi DC ke Rumah
Debt collector resmi harus memberi pemberitahuan awal kepada Anda dalam bentuk surat atau telepon.
Surat tersebut harus berisi informasi tentang jumlah hutang, nama kreditur, dan hak-hak konsumen.
Jika debt collector melakukan kontak melalui telepon, mereka harus memberitahu identitas mereka dan alasan mengapa mereka menghubungi Anda.
Debt collector resmi harus mematuhi batas waktu yang ditetapkan oleh undang-undang dalam melakukan penagihan hutang.
Mereka tidak diizinkan menghubungi Anda di waktu yang tidak pantas seperti saat Anda sedang tidur atau bekerja.
Mereka juga tidak diperbolehkan menghubungi Anda terlalu sering, dan mereka harus memberikan jeda yang wajar antara satu kontak dan yang berikutnya.
3. Menggunakan Bahasa yang Tepat
Debt collector resmi harus menggunakan bahasa yang tepat dan tidak mengancam atau menakut-nakuti Anda.
Baca Juga: Terjebak Pinjol Ilegal, Begini Cara Atasi Agar DC Tak Sebar Data ke Seluruh Kontak HP
Mereka juga tidak diperbolehkan menggunakan kata-kata kasar atau menghina Anda.
Mereka harus tetap sopan dan menghormati hak-hak konsumen.
Debt collector resmi harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang hutang Anda.
Mereka harus memberikan rincian tentang jumlah hutang, bunga, dan biaya administrasi jika ada.
Mereka juga harus memberikan informasi tentang cara membayar hutang Anda dan kemungkinan konsekuensi jika Anda tidak membayar hutang Anda.
Debt collector resmi harus menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda.
Mereka tidak diperbolehkan membocorkan informasi tentang hutang Anda ke pihak ketiga tanpa izin Anda.
Mereka juga tidak boleh menghubungi orang lain untuk mencari informasi tentang Anda kecuali Anda memberikan izin tertulis.
Jika Anda merasa bahwa hak-hak Anda sebagai konsumen dilanggar oleh debt collector, Anda dapat melaporkannya ke otoritas yang berwenang.
Otoritas tersebut akan menindaklanjuti pelaporan Anda dan mengambil tindakan yang tepat terhadap debt collector yang melanggar aturan.
Sebagian isi artikel ini dibuat dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.
Penulis | : | Hani Arifah |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar